Penyebab, Gejala dan Cara Alami Mengatasi Bau Mulut

Masalah pada mulut sebenarnya ada banyak sekali. Diantaranya seperti gigi berlubang, gigi berplak, gusi bengkak, impaksi gigi geraham bungsu dan lain sebagainya. Namun, diantara sekian banyak masalah pada mulut, bau mulut menjadi salah satu masalah yang sering terjadi.

Masalah bau mulut sering terjadi biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Tapi, banyak orang yang masih menyangkal kalau bau pada mulut adalah hal yang lumrah terjadi. Padahal bau pada mulut ternyata bisa mempengaruhi nilai pada diri seseorang loh! Penasaran nggak sih sama penyebab dan cara untuk menghilangkan bau pada mulut?

 

Penyebab Bau Mulut Berikut Dengan Cara Mengatasinya

Masalah bau pada mulut tentu tidak hadir begitu saja. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Namun diantara penyebab bau pada mulut umum terjadi disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat.

Cara untuk mengatasi bau pada mulut pun ternyata bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Tidak ada salahnya sebelum mengatasinya dengan obat, dilakukan dengan bahan-bahan alami terlebih dahulu.

Yuk simak ulasan menarik mengenai penyebab dan cara alami mengatasi bau mulut!

 

Penyebab

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau masalah bau pada mulut umumnya terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat. Berikut adalah contoh aktivitas sehari-hari yang kurang sehat dan menjadi penyebab masalah pada mulut. Diantaranya :

1. Jarang membersihkan gigi

Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, bisa menjadi jamur dan menyebabkan bau pada mulut. Oleh sebab itu sangat disarankan kepada siapapun untuk selalu menyikat gigi setelah makan.

Atau bisa juga dibersihkan dengan menggunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi.

 

2. Kebiasaan merokok

Salah satu kebiasaan yang bisa menjadi penyebab bau pada mulut adalah merokok. Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Noda yang menempel pada gigi juga bisa menyebabkan gigi rusak. Kalau sudah rusak dan sakit, bisa jadi penyebab dari bau pada mulut.

Sebaiknya setelah merokok selalu berkumur dengan mouthwash atau cairan pembersih mulut. Dengan begitu noda rokok yang menempel di gigi bisa dikurangi.

 

3. Diet

Tanpa disadari pola sehat diet ternyata juga bisa menjadi penyebab mulut bau. Saat kandungan karbohidrat berkurang, maka secara alami lemak pada tubuh akan dipecah. Kemudian akan terbentuk keton atau bahan kimia yang berasal dari lemak. Zat kimia tersebutlah bisa menimbulkan bau pada mulut.

 

4. Makan makanan beraroma tajam

Siapa sih yang tidak suka makan enak, namun faktanya tidak sedikit makanan enak juga bisa menjadi penyebab masalah mulut bau. Sebut saja seperti jengkol, pete, durian, dan lainnya.

Makanan yang mengandung banyak bawang putih juga bisa menimbulkan mulut bau. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk selalu membersihkan mulut setelah makan makanan yang memiliki aroma tajam.

 

Cara Alami Atasi Bau Mulut

Bila sudah tahu hal-hal apa saja yang menjadi penyebab bau pada mulut, sebelum diatasi dengan obat-obatan tidak ada salahnya bila mencoba cara alami. Diantara :

 

  1. Minum susu untuk menghilangkan bau pada mulut yang disebabkan oleh makanan beraroma tajam seperti bawang merah dan bawang putih.
  2. Jeruk yang mengandung banyak vitamin C dianggap mampu untuk memproduksi air liur. Dengan begitu dapat membunuh bakteri penyebab bau pada mulut dari dalam mulut itu sendiri.
  3. Teh hijau yang mengandung antioksidan dan antibakteri ternyata juga mampu menghilangkan bau di mulut. Ditambah lagi bila dikonsumsi dengan tambahan daun mint, dipercaya bisa menyingkirkan bau pada mulut dengan cepat.
  4. Daun sirih yang biasanya dipakai oleh orang tua jaman dulu untuk nyirih, faktanya kini juga banyak dipakai produsen pasta gigi sebagai bahan utamanya. Kandungan yang ada pada daun sirih dianggap baik untuk mulut.

 

Bagaimana, mudah sekali bukan cara mengatasi bau mulut dengan cara yang alami? Agar mulut dan gigi sehat, sebaiknya dirutinkan sikat gigi dan berkumur dengan mouthwash yang non alkohol yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.