Agar Terhindar Dari Panas Dalam, Penting Untuk Mengetahui Pemicunya

Panas dalam merupakan kondisi dimana tubuh sedang mengalami masalah kesehatan yang dibarengi dengan tanda demam akibat tidak stabilnya suhu tubuh. Terjadinya panas dalam disebabkan dari berbagai faktor mulai dari pola hidup yang kurang sehat dan juga diakibatkan oleh makanan tertentu. Selain itu, terjadinya panas dalam juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B12 dan zat besi pada tubuh sehingga munculnya masalah kesehatan panas dalam.

 

Ketika panas dalam sedang melanda tubuh akan mengalami penurunan imun dan kurang nyamannya saat menelan makanan. Itu terjadi karena tenggorokan mengalami kekeringan dan panas pada area mulut sehingga saat menelan akan terasa sakit. Maka dari itu untuk bisa mencegah terjadinya masalah panas dalam dan tenggorokan gatal diperlukan melakukan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan yang dapat memperparah panas dalam itu sendiri.

 

Untuk itu agar terhindar dari masalah kesehatan panas dalam serta tenggorokan gatal perlunya mengetahui apa saja pemicunya, sehingga dengan begitu masalah kesehatan panas dalam tidak terjadi lagi.

 

Melakukan pola hidup sehat

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar terhindar dari masalah panas dalam yakni dengan melakukan pola hidup sehat, banyak mengonsumsi vitamin b12 dan juga banyak minum air putih yang cukup.  Ketika pola hidup sehat diterapkan masalah seperti yang disebutkan diatas tidak akan terjadi.

 

Namun bila gejala panas dalam sedang muncul, kamu perlu untuk menjaga pola makan yang dapat memparah terjadinya panas dalam akut yang akan membuat tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Apa saja makanan yang dapat menyebabkan atau memperparah panas dalam diantaranya adalah:

  • Gorengan
  • Makanan pedas
  • Makanan asam
  • Alkohol
  • minuman bersoda
  • Susu
  • Makan yang agak keras dan masih banyak lagi.

 

Jadi bagi kamu yang sedang mengalami gejala panas dalam hingga tenggorokan gatal maka perlu untuk menjaga makanan yang dapat memperparah panas dalam tersebut. Dengan mengurangi makanan yang dituliskan diatas maka panas dalam yang dirasakan tidak akan menjadi parah.

 

Nah, bila kita sudah mengetahui pemicu terjadi panas dalam serta makanan yang akan memperparah terjadinya masalah kesehatan tersebut maka langkah selanjutnya perlu untuk mengetahui bagaimana cara penanganan yang tepat atau cara pengobatan seperti apa sehingga masalah panas dalam bisa ditangani dengan baik.

 

Selain melakukan pola hidup sehat, panas dalam akan cepat hilang bila dibarengi dengan melakukan pengobatan sehingga panas dalam bisa hilang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan panas dalam diantaranya adalah:

 

1. Berkumur dengan air garam

Ketika terjadi panas dalam langkah pertama yang perlu dilakukan  untuk penanganan nya yakni dengan berkumur dengan air garam. Air garam dapat membantu memproduksi enzim sehingga membantu proses pencernaan serta memberikan kesegaran pada tenggorokan. Kamu cukup menyiapkan 240 ml air hangat lalu campurkan garam kemudian diminum sebelum tidur dan gejala panas dalam dan sariawan akan berkurang.

 

2. Minuman air putih yang cukup

Langkah selanjutnya untuk bisa meredakan gejala panas dalam yakni dengan memenuhi asupan cairan pada tubuh. Caranya kamu perlu untuk mengonsumsi air putih yang banyak sehingga hidrasi bisa terpenuhi dan juga gejala panas dalam bisa hilang tentunya.

 

3. Mengonsumsi obat herbal

banyak jenis obat-obatan herbal untuk meredakan panas dalam salah satunya dengan mengonsumsi madu, daun sage, dan juga dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur. Cara ini sudah banyak dilakukan untuk bisa meredakan panas dalam.

 

4. Minum adem sari

Adem sari merupakan minuman penyejuk yang memiliki kandungan vitamin C juga mengandung ekstrak Citrus Aurantifolia yang berfungsi untuk mengatasi masalah kesehatan seperti panas dalam, sariawan, radang tenggorokan, dan masih banyak lagi. Adem sari sendiri sudah terbukti akan khasiatnya untuk mengatasi masalah panas dalam. Cukup dengan mengonsumsi 1 sachet adem sari maka panas dalam bisa hilang.

 

Jadi itulah beberapa penyebab terjadinya gejala panas dalam dan juga cara penanganannya. Oleh karenanya bila kamu dan keluarga mengalami masalah panas dalam, sariawan, bibir pecah-pecah, tenggorokan gatal maka tidak perlu khawatir karena sudah tau bagaimana cara mengatasinya. Selanjutnya bila sudah melakukan cara diatas namun panas dalam tidak kunjung reda maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar bisa ditangani secara medis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.