9 Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan Cepat Dan Dengan Bahan Alami

Penyebab hingga cara menghilangkan sakit tenggorokan perlu diketahui dengan baik. Sakit tenggorokan atau yang biasa disebut dengan radang tenggorokan merupakan salah satu reaksi alami dari tubuh untuk memberikan respons.

Respons tersebut tak lain dilakukan oleh sistem daya tahan tubuh saat berhadapan langsung dengan bakteri sumber penyakit. Saat melawan patogen, maka akan terjadi pembengkakan selaput lendir di dalam tenggorokan hingga menyebabkan peradangan.

Saat terjadi radang atau sakit tenggorokan, biasanya penderita akan mengalami nyeri telan, gatal, hingga iritasi di area sekitar tenggorokan. Saat itu, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tenggorokan pun akan terasa menyakitkan.

Tak perlu cemas, ada solusi alami untuk meredakan sakit tenggorokan. Simak 9 cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan bahan alami yang di rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Air Garam

Dilansir dari Healthline, cara menghilangkan sakit tenggorokan yang pertama yakni dengan menggunakan air garam. Caranya, cukup masukkan 1/2 sdt garam ke dalam air hangat dan konsumsi secara rutin.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, penderita dapat melakukan pengobatan alami ini setiap 3 jam sekali. Campuran garam dan air hangat disebut terbukti ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan.

2. Teh Kamomil

Tanaman yang bernama latin Matricaria chamomilla ini dikenal luas memiliki manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yakni untuk meningkatkan sistem imun untuk melawan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan hingga flu.

Kamomil disebut memiliki kandungan anti-inflamasi hingga antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan, menghirup batang tanaman kamomil dapat menghilangkan gejala flu hingga demam, termasuk sakit tenggorokan.

3. Madu

Cara menghilangkan sakit tenggorokan yang ketiga yakni dengan menggunakan madu. Hasil penelitian menunjukkan, mengonsumsi madu ternyata memiliki efek yang cukup efektif untuk menghilangkan batuk di malam hari.

Penelitian yang lain juga menunjukkan, madu terbukti tepat untuk menjadi penyembuh luka. Artinya, madu juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan yang menyebabkan luka hingga iritasi pada tenggorokan.

4. Soda Kue

Cara menghilangkan sakit tenggorokan yang selanjutnya yakni dengan menggunakan soda kue. Caranya, campurkan soda kue dengan air garam lalu gunakan untuk berkumur secara konsisten dan teratur setiap hari.

Berkumur dengan menggunakan kandungan dalam soda kue diklaim dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab sakit tenggorokan. Caranya, campur ΒΌ sdt baking soda, 1/8 sdt garam, dan 1 cup air hangat.

5. Minyak Peppermint

Peppermint merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki kandungan bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Kandungan ini dapat digunakan untuk melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Caranya, campurkan minyak peppermint dan minyak esensial lainnya sesuai pilihan Anda. Setelah itu, hirup dalam-dalam dan gunakan secara rutin tatkala tenggorokan terasa sakit hingga nyeri.

6. Bawang Putih

Cara menghilangkan sakit tenggorokan yang keenam yakni menggunakan bawang putih. Meski hanya dikenal luas sebagai bumbu penyedap masakan, namun bawang putih rupanya juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan jika digunakan sebagai obat.

Bawang putih mengandung anti-bakteri yang mampu melawan virus penyebab flu hingga demam. Caranya, rebus bawang putih menggunakan air dan konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan sakit tenggorokan yang berikutnya yakni dengan menggunakan cuka sari apel. Sejumlah penelitian menunjukkan, sifat antimikroba yang terkandung dalam cuka sari apel disebut mampu melawan infeksi dengan efektif.

Sifat asam pada cuka sari apel dapat memecah lendir yang terdapat pada tenggorokan sehingga mampu menghentikan penyebaran bakteri dan virus. Caranya, tuang 2 sdt cuka sari apel ke dalam air dan berkumur secara rutin.

8. Susu Kunyit

Rempah tradisional berupa kunyit memang dikenal luas khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Kunyit yang memiliki kandungan bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Caranya, ambil 2 sdt kunyit bubuk dan campurkan ke dalam susu hangat. Setelah itu, minum selagi hangat. Rasakan hasilnya setelah mengonsumsi susu kunyit selama beberapa hari.

9. Teh Lemon Madu

Cara menghilangkan sakit tenggorokan yang berikutnya yakni dengan mengonsumsi teh lemon madu. Lemon yang bersifat asam dan memiliki kandungan antioksidan dapat memecah lendir hingga melemaskan otot tenggorokan yang sakit.

Teh yang dicampur dengan lemon dan madu merupakan kombinasi tepat untuk melegakan tenggorokan. Cukup konsumsi secara rutin dan hindari berbagai makanan serta minuman yang menyebabkan sakit tenggorokan semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *