Teh Mint Salah Satu Ramuan Herbal yang Enak dan memiliki Berbagai manfaat Di Tengah Pandemi Corona

Banyak orang enggan mengonsumsi obat herbal atau jamu karena rasa yang pahit. Walau begitu, tidak semua ramuan herbal memiliki rasa tak enak.

Salah satu ramuan herbal yang enak dan memiliki berbagai manfaat adalah teh mint. Selain bahan-bahannya mudah didapat, cara membuatnya pun sangat sederhana.

Dr. Ratna Asih, M.Si dari Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) menyampaikan bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatan teh mint yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan hanyalah segenggam daun mint, 3 gelas, air, dan pemanis alami seperti gula aren, madu atau gula stevia sesuai kebutuhan.

Cara meramu teh mint terbilang sederhana. Yakni dengan memilih mint segar dan dicuci hingga bersih dengan air mengalir.

Langkah kedua adalah mendidihkan tiga gelas air dalam panci stainless. Setelah mendidih, masukkan daun mint ke dalam panci. Daun mint sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu supaya sel-selnya terbuka.

Masak daun mint selama dua menit dengan api sedang. Setelah dua menit, matikan api dan diamkan hingga hangat. Setelah hangat, ramuan bisa disaring dan siap dihidangkan.

“Tambahkan gula aren, madu, atau gula stevia sesuai kebutuhan,” kata Ratna dalam webinar Geriatri TV beberapa waktu lalu.

Manfaat Teh Mint

Walau bahan dan cara pembuatannya terbilang sederhana, namun teh mint memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Teh mint memiliki manfaat sebagai antioksidan, antibakteri, menjaga kesehatan rongga mulut, anti nyeri, pelancar peredaran darah, memberi efek rileks dan lain-lain.

Ramuan teh mint juga dapat dikreasikan dengan ditambahkan teh hijau atau perasan jeruk nipis.

“Namun, saat memasukkan jeruk nipis harus menunggu ramuannya hangat dulu jangan panas-panas karena nanti hanya akan dapat segar dan asamnya saja tapi vitamin C-nya rusak,” tandas Ratna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.