7 Faktor Penyebab Utama Pengapuran Pada Tulang dan Cara Mengatasinya

Osteoporosis atau biasa dikenal sebagai pengapuran tulang, merupakan sebuah kondisi dimana kepadatan tulang menjadi berkurang. Penyebab utama pengapuran pada tulang disebabkan oleh hilangnya kalsium pada tulang. Gejala awal yang sering dirasakan oleh mereka yang menderita hal ini adalah tulang terasa sakit, munculnya benjolan di bawah kulit, otot kram dan berkurangnya penglihatan. 

Selain penyebab utama pengapuran pada tulang yang disebutkan di atas, sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang terkena osteoporosis. Berikut akan dijelaskan faktor apa saja itu

Faktor Penunjang Selain Penyebab Utama Pengapuran Pada Tulang

Melakukan pencegah atas suatu penyakit lebih penting daripada mengobatinya setelah penyakit itu datang. Sama halnya dengan penyakit pengapuran tulang ini. Ada baiknya Anda mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan osteoporosis, agar bisa menghindari penyakit ini menyerang tubuh.

Jenis kelamin

Menurut penelitian, perempuan memiliki resiko tinggi terkena osteoporosis. Hal ini karena, seiring bertambahnya usia, wanita mengalami penurunan hormon estrogen. Hormon ini memiliki peranan penting dalam menjaga massa tulang agar tetap seimbang, karena membantu dalam penyerapan kalsium.

Obesitas

Hati-hati dengan kondisi tubuh yang kelebihan berat badan. Akan ada banyak penyakit yang menyertainya, salah satunya adalah pengapuran tulang ini. Hal ini terjadi karena tubuh bekerja lebih berat saat bergerak atau melakukan aktivitas. Kerja tubuh yang diforsir oleh penumpukan lemak, menyebabkan tulang menjadi lebih mudah rapuh bahkan retak.

Cedera Sendi

Jika Anda pernah mengalami riwayat cedera sendi, baik itu karena kecelakaan ataupun aktivitas tertentu, sebaiknya waspada terhadap osteoporosis. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan cedera yang ada secara rutin dan berkala.

Terjadi penekanan berlebih pada sendi

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas berat dan mengharuskan adanya penekanan tertentu pada sendi secara terus menerus, berhati-hatilah dengan osteoporosis. Penekanan ini akan mampu mengundang datangnya pengapuran tulang tanpa disadari dengan resiko terkena yang sangat tinggi.

Genetik

Genetik bukan hanya mewariskan sifat dan fisik kepada keturunan, tetapi juga penyakit. Bagi Anda yang memiliki keluarga penderita osteoporosis, ada baiknya untuk waspada. Lakukan pengontrolan kesehatan secara berkala untuk mengetahui kondisi tubuh.

Kelainan tulang

Salah satu fungsi tulang adalah sebagai penunjang bagi rangka tubuh dan juga pergerakan manusia. Jika terdapat kelainan pada tulang, tentu saja akan menimbulkan kinerja tubuh yang terhambat. Apalagi kelainan ini berada pada batas persendian gerak tubuh yang selalu mengalami penekanan sehingga bekerja lebih keras dibanding manusia umumnya. Sehingga, bukan tidak mungkin akan terjadi pengapuran tulang.

Riwayat penyakit

Umumnya, mereka yang menderita diabetes, kekurangan insulin dan kelebihan zat besi, rentan terhadap pengapuran tulang. 

Cara Mengatasi Penyebab Utama Pengapuran Pada Tulang Secara Mandiri

Selain memeriksakan diri dan mendapatkan pengobatan dokter, Anda yang menderita osteoporosis juga bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Ada beberapa langkah efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala penyakit ini.

Olahraga

Melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti berolahraga, akan membantu mengatasi kekakuan yang terjadi di sendi. Tidak perlu melakukan olahraga berat, yang penting rutin dilakukan setiap hari.

Menurunkan berat badan

Seperti yang telah dikatakan, salah satu faktor penyebab osteoporosis adalah tubuh mengalami obesitas. Karena itu, segera lakukan program penurunan berat badan sehat yang tidak menyiksa tubuh berlebih.

Istirahat cukup

Meskipun terlihat sepele, apalagi bagi mereka yang memiliki aktivitas segudang, istirahat cukup sangat baik bagi kesehatan. Sama halnya untuk mengatasi osteoporosis. Dengan istirahat, tubuh memiliki kesempatan untuk memulihkan dirinya dari rasa sakit yang mendera

Hal paling penting dalam mengatasi penyebab utama pengapuran pada tulang adalah mengkonsumsi kalsium dengan takaran yang pas. Menjalani pola makan dan pola hidup sehat, serta menjauhi hal bersifat negatif pada tubuh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *