3 Penyebab Gusi Berdarah yang Perlu Anda Ketahui

Gusi berdarah adalah suatu masalah yang sering terjadi pada hampir setiap orang. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan gusi berdarah. Dan bagi anda yang penasaran, berikut ini adalah ulasannya !

Apa Saja 3 Penyebab Gusi Berdarah ?

1. Jarang Menyikat Gigi

Salah satu penyebab gusi berdarah adalah jarang menyikat gigi. Mengapa demikian ? Hal ini bukan tanpa alasan karena jika seseorang jarang menyikat gigi akan mengakibatkan lapsisan plak yang menutupi permukaan gigi akan semakin tebal dan mengeras.

Plak sendiri adalah kotoran gigi yang mangandung banyak bakteri. Plak tersebut bisa muncul karena sisa-sisa makanan yang tertinggal di permukaan celah gigi yang tidak dibersihkan dengan baik sehabis makan.

Jika plak tersebut terus menerus dibiarkan dapat memicu peradangan pada gusu, sehingga kemudian dapat menyebabkan gusi anda berdarah. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi, sedidaknya menyikan gigi setiap 2-3 kali dalam sehari baik setelah makan maupun sebelum mau tidur di malam hari.

2. Kekurangan Vitamin K

Kekurangan vitamin K juga menjadi gusi berdarah. Hal tersebut terjadi karena anda kekurangan vitamin K, yang mana vitamin K tersebut dapat berfungsi untuk membantu pembekuan darah dan juga baik untuk kesehatan tulang. Oleh sebab itu jika tubuh anda kurang menyerap vitamin tersebut, maka dapat menyebabkan masalah pendarahan.

3. Kebiasaan Merokok

Penyebab yang terahir gusi berdarah adalah kebiasan merokok. Sudah kita ketahui bahwa merokok terbukti tidak baik bagi kesehatan tubuh termasuk juga kesehatan gigi. Hal ini disebabkan karena di dalam rokok terdapat kandungan bahan kimia bahaya dan racun yang dapat memicu pertumbuhan bakteri jahat di dalam mulut.

Oleh sebab itu merokok bisa membuat anda lebih mudah terkena infeksi, sehingga dapat menyebabkan bengkak, gusi meradang dan akhirnya berdarah. Selain itu, kabiasaan merokok juga dapat melemahkan sistem imun tubuh untuk melawan bakteri jahat yang menyebabkan infeksi.

Setelah itu, Sistem imun tubuh yang lemah dapat membuat sistem jaringan gusi terlanjur rusak dan suatu saat gusi akan lebih rentan bengkak hingga berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.