Wakil Presiden & Menteri yang Ikut di Pilkada 2020 Ini Daftar Nama-nama Keluarga Presiden

Anak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memeriahkan pemilihankepala daerah 2020. Aji mumpung bapak petinggi negeri. Anak Jokowi, Gibran Rakabuming akan maju diPemilihan Wali Kota Solo. Sementara Siti Nur Azizah Ma'ruf bakal maju di Pemilihan Kepala DaerahTangerang Selatan.

Khusus di Tangerang, Siti kemungkinan akan berkontestasi dengan keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Saraswati Djojohadikusumo. Analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi SyarwiChaniago mengatakan hal ini menjadi fenomena baru dalam varian politik dinasti Indonesia. Terkhusus untuk Gibran, karena untuk pertama kalinya keluarga presiden yang masih menjabat ikut serta dalam perhelatan kontestasi elektoral Pilkada serentak 2020.

"SebagaI presiden yang masihmenjabat, semestinya keluarga inti Jokowi harus menjaga jarak dari politik praktis," ujar Pangi. Demi menghindari konflik kepentingan dan potensi penyalahgunaan kekuasaan serta memanfaatkanpengaruh presiden untuk kepentingan pribadi terkait kontestasi yang akan mereka ikuti. Secara hukum, kata Pangi, memang tidak ada aturan yang dilanggar dan membatasi siapapun termasuk anak atau keluarga presiden sekalipun untuk terlibat dalam politik praktis.

"Namun, tersandera soal etikadan kepatutan, semestinya harus dipertimbangkan matang. Jangan terkesan seperti fenomena 'politik ajimumpung' kebetulan bapak lagi jadi presiden," tutur Pangi. Politik dinasti, menurut Pangi, memang sudah mengakar kuat di Indonesia. Mulai dari dinasti Soekarno,Soeharto, hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, menurut Pangi, untuk Jokowi adalah eksperimenawal membangun trah dinasti politiknya. "Pertanyaannya adalah apakah Jokowi sudah menyiapkan infrastruktur untuk menopang politik dinastinya?" ucapnya.

Trah anak petinggi negeri maju Pilkada tak hanya di Solo. Terjadi juga di Pilkada Tangerang Selatan. Kemungkinan putri keempat Wapres Ma'ruf Amin akan berhadapan dengan keponakan Prabowo. Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, melihat Pilkada Tangsel sebagai perang bintang dinasti.

"Tangsel akan menjadi ladang 'Perang Tiga Naga', yakni, trah Atut, trah Prabowo, dan trah Ma'ruf Amin. Menarik dicermati perang para bintang ini," ujar Adi. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu, memetakan pertarungan antar dinasti itu, sebagai dinasti lama melawan calon dinasti baru. Dinasti lama adalah dinasti Ratu Atut Chosiyah yang saat inimemegang kekuasaan dan tengah berusaha mempertahankannya.

Sedangkan, trah Ma'ruf Amin dantrah Prabowo Subianto, menjadi calon dinasti baru yang akan habis habisan merebut simpati eksekutif diTangsel itu. "Tangsel akan menjadi perang antar dinasti. Antara dinasti lama dan calon dinasti baru," ujarnya. Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menilai, kontestasi Pilkada Tangerang Selatan 2020 akan berjalan imbang.

Semua pasangan calon memiliki kans yang sama untukmemenangkan Pilkada Tangsel. Sebab, tidak ada petahana yang maju kali ini. "Peluangnya masih fifty fifty. Dengan tidak adanya inkumben, maka kontestasi pilkada di Tangsel akan perang bebas. Artinya setiap pasangan calon memiliki peluang yang sama untuk menang,” kata Ujang Menurut Ujang, fenomena politik menarik akan terjadi di Pilkada Tangerang Selatan.

Apalagi, kontestasi di wilayah ini diisi oleh nama nama dari klan besar elite politik nasional. Sorotan akan tertuju kepadaRahayu Saraswati Djojohadikusumo yang merupakan keponakan Menteri Pertahanan PrabowoSubianto dan Siti Nur Azizah yang juga putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin. "Sara klan Prabowo. Azizah klan Ma'ruf Amin. Ini akan ada permainan elite nasional di Pilkada Banten," ujar Ujang.

Putra sulung Presiden Joko Widodo Bakal calon Wali Kota Solo Partai: PDIP Usia: 32 tahun Didukung: Golkar, NasDem, Gerindra, PSI, PAN Menantu Presiden Joko Widodo Bakal calon Wali Kota Medan Mengantongi dukungan dari Golkar, NasDem, Gerindra Disebut sebut akan turut didukung PDIP Usia: 29 tahun Putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin Bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan Partai: Demokrat Didukung: PKS Usia: 47 tahun

Keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Bakal calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Partai: Gerindra Didukung: PDIP Usia: 34 tahun Putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung Bakal calon Bupati Kediri Partai: PDIP Usia: 27 tahun Adik Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah

Bakal calon Wakil Bupati Mojokerto Partai: PKB Didukung: PDIP Adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Bakal calon Wali Kota Makassar Partai: Golkar Usia: 52 tahun Adik mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Choisiyah Bakal calon Bupati Serang Partai: Golkar Usia: 52 tahun

Anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, keponakan mantan Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah dan keponakan Wali Kota Tangsel Airin Rachmy Diany Bakal calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Partai: Golkar Usia: 29 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *