Vendor Smartphone Asal China Menguasai Pangsa Pasar Indonesia

Sebuah firma riset Counterpoint, merilis laporan bahwa Indonesia menjadi salah satu pasar smartphone yang sedang berkembang. Menurut laporan Counterpoint, pasar smartphone Indonesia saat ini didominiasi oleh merek asal China. Hasil riset menunjukkan, vendor ponsel asal China mendominasi sekitar 73,3 persen dari total pengiriman ponsel di Indonesia.

Bahkan menurut Counterpoint, dari lima vendor smartphone teratas di Indonesia, empat di antaranya adalah asal China. Dalam rilis Counterpoint, urutan teratas pangsa pasar pengiriman di Asia Tenggara dipimpin oleh vendor asal China yaitu Oppo, kemudian disusul Samsung, Vivo, Xiaomi dan Realme. Menanggapi hal tersebut PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto mengatakan, tidak ingin menanggapi posisi Oppo karena masing masing lembaga riset memiliki metode yang bereda untuk menentukan unit terjual.

Terkait penjualan Oppo di Quartal 1 (Q1), Aryo mengaku, ada penurunan karena pada saat itu awal pandemi Covid 19 dan industri sangat terpukul dengan adanya PSBB. "PSBB membuat pusast perbelanjaan tutup, dan membuat kita harus adaptasi untuk penjualan unit Oppo," ujar Aryo. Aryo mengungkapkan, pada Q1 OPPO hanya punya perangkat flagship dan high end yaitu Find X2, Find X2 Pro, Reno3 Pro dan Reno3.

"Pada akhir Q1 kita punya perangkat yang menolong dalam hal penjualan, yaitu Oppo A92 dengan kategori ponsel menangah atas dengan harga Rp 4 jutaan," ujar Aryo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *