TNI & Polri wajib Solid Jaga Keutuhan NKRI Dr Aqua Dwipayana

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menegaskan TNI dan Polri harus solid untuk bersama sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kunci mewujudkan semua itu pada kelancaran komunikasi dengan saling menghormati. Dr Aqua menegaskan hal itu di depan sekitar 150 orang prajurit TNI dan Polri termasuk pejabat utama Korem 041/Garuda Mas dan Polda Bengkulu, Kamis (29/8/2020).

Dalam acara tatap muka Pangdam II/Sriwijaya dengan personel TNI dan Polri di Balai Prajurit Korem 041/Garuda Mas di Kota Bengkulu. Motivator nasional itu menyampaikan sharing Komunikasi dan motivasi seusai Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono dan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi memberi arahan. "Saya sengaja mengundang Bapak Dr Aqua Dwipayana untuk menyampaikan sharing Komunikasi dan Motivasi di sini. Sebagai orang sipil selama ini beliau intens mengamati TNI dan Polri. Kita perlu mendapat banyak masukan dari Pak Aqua. Jadi tolong disimak semua yang disampaikannya," ujar Agus yang mantan Panglima Divisi Infanteri II Kostrad di Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dr Aqua sependapat dengan yang disampaikan Agus bahwa sampai sekarang masih ada yang tidak suka TNI dan Polri solid. Untuk itu agar seluruh prajurit TNI dan Polri semakin meningkatkan kekompakkan terutama dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) baik gubernur maupun bupati di Bengkulu. Anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) itu mengapresiasi kekompakkan prajurit TNI dan Polri selama ini di Bengkulu. Hal tersebut agar terus dipertahankan dan ditingkatkan.

"Provinsi Bengkulu dapat menjadi contoh dalam mewujudkan soliditas TNI dan Polri. Itu positif sekali. Terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga para prajurit TNI dan Polri di provinsi lain dapat belajar tentang hal tersebut di Bengkulu," kata Dr Aqua. Mantan wartawan di banyak media ini melanjutkan, para komandan di semua level di seluruh kesatuan hendaknya bisa jadi teladan. Ucapan dan perbuatannya harus sama. Dengan konsisten melakukan itu, tambah Dr Aqua, seluruh anak buahnya tinggal mengikuti saja. Mencontoh yang telah dilakukan para komandannya.

Di awal sharing Komunikasi dan Motivasinya Dr Aqua menyampaikan terima kasih kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi yang mengajaknya mengikuti kunjungan kerja di Bengkulu. Dengan begitu dapat banyak belajar pada Agus dan semua prajurit yang ditemuinya. "Pak Agus sengaja mengundang saya ke Bengkulu untuk ikut kunjungan kerjanya agar dapat belajar banyak pada beliau. Tidak sampai 24 jam saya sudah mendapatkan banyak hal dari Pak Agus. Makanya saya merasa beruntung sekali," jelas Dr Aqua.

Dalam kunjungan kerja itu Agus bersama istrinya Sinta Agus. Juga ikut mendampinginya para pejabat utama termasuk Ketua Kelompok Ahli Pangdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Puji Cahyono. Kesempatan yang diberikan Agus dioptimalkan Dr Aqua. Termasuk saat Rabu sore (26/8/2020) sharing Komunikasi di depan 380 prajurit dan istrinya di Batalyon Infanteri 144/Jaya YudhaCurup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. "Bersyukurlah seluruh prajurit di Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha dan keluarganya. Dari seluruh Batalyon Infanteri di wilayah Kodam II/Sriwijaya, ini adalah batalyon yang pertama kali dikunjungi Pak Agus. Merupakan kehormatan sehingga jagalah nama baik batalyon ini," pesan Dr Aqua.

Di dua acara itu Dr Aqua memanggil beberapa prajurit ke depan. Menanyakan tentang hal hal yang terkait dengan tugas tugas mereka di TNI dan Polri. Kemudian memberikan hadiah berupa sejumlah uang sebagai apresiasi pada mereka. Pada acara di Korem 041/Garuda Mas Agus dan Teguh sama sama menekankan kepada semua prajurit untuk meningkatkan soliditas mereka. Juga menjaga netralitas dalam pilkada dan tetap mengutamakan integritas dalam bekerja. "Semua prajurit TNI dan Polri di Bengkulu harus kompak. Pangdam, Danrem, dan Kapolda telah menunjukkan itu sehingga harus diikuti semua anggota," tegas Agus dan Teguh senada.

Seusai acara di Korem 041/Garuda Mas Dr Aqua dengan transit di Jakarta pada hari yang sama melanjutkan perjalanan ke Bali. Rencananya Jumat pagi (28/8/2020) mendampingi Dirut Pegadaian Kuswiyoto yang menyerahkan satu unit mobil ambulance ke Pangdam II/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *