Tengah Tertidur, Pasutri Tertimpa Kandang Berisi Ribuan Ayam, Suami Tewas

Sebuah kandang yang berisi ribuan ayam ambruk di Dusun Dengok IV, Dengok, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta Kamis (23/1/2020) pagi. Akibatnya seorang penjaga kandang, Sugiran (42) warga Dusun Ngunung, Mulo, Wonosari, meninggal dunia. Diduga, kandang ambruk karena kayu tiang penyangga lapuk.

Petugas Penyuluh Lapangan PT Tulus Kencana Sumber Sejahtera Arif Hudarmanto menyampaikan, tidak ada warga yang mengetahui persis jam peristiwa ambruknya kandang yang diperkirakan terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Masyarakat baru tahu ketika ada suara minta tolong dari lokasi sekitar pukul 08.00 WIB. Saat kejadian, di dalam kadang ada pasangan suami istri Sugiran dan Tarmiyati.

Korban langsung dievakuasi oleh warga, namun Sugiran meninggal dunia di tempat kejadian. Sedangkan Tarmiyati mengalami luka di bagian tulang belakang sehingga dirujuk ke rumah sakit. "Ambruknya diperkirakan sekitar jam 04.00 WIB. Anak dan istrinya kebetulan tidur di kandang."

Lha yang suaminya meninggal di tempat. Dari jam kejadian (sekitar pukul 04.00 WIB), dievakuasi jam 08.00 WIB," kata Aris saat ditemui di lokasi, Kamis. Arif mengakui ada beberapa faktor yang saling berkaitan. Curah hujan tinggi yang turun pada malam hari dan kondisinya diperparah karena di beberapa titik kadang kayu sudah mengalami pelapukan.

Menurut dia, kandang yang lapuk sudah diketahui sehingga ayam yang dipelihara tidak sesuai kapasitasnya. Seharusnya kandang diisi 7.000 ekor ayam, tapi melihat kondisi kandang hanya diisi sebanyak 5.500 ekor. “Kalau dilihat dari usia, ayam ayam baru dipelihara 16 hari."

"Saat ini sedang mengupayakan evakuasi kandang," kata Aris. Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan assessment lokasi kandang. Untuk korban meninggal sudah dievakuasi dan untuk korban luka sudah dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan pertolongan.

Kapolsek Playen, AKP Jusuf Tianotak membenarkan kejadian ini. Pihaknya kemudian menerjunkan personel untuk melakukan olah TKP dan pengumpulan keterangan saksi mata. Diperkirakan, ambruknya kandang karena karena lapuk.

"Kami lakukan pemeriksaan. Sekarang anggota sedang di lapangan." "Korban sendiri ada yang sudah di bawa ke rumah duka," kata Jusuf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *