Sedan Jenis Ini Jadi ‘Musuh’ Penjual & Pembeli Mobil Bekas Alasannya

Sejatinya ada beberapa model mobil yang sulit untuk dijual kembali dan dibeli oleh konsumen, terutama dengan kapasitas mesin besar. Andri, dari Jordy Mobil di MGK Kemayoran mengatakan, tanpa menyebut merek dan model sudah pasti sedan yang punya mesin di atas 3.000 cc sulit untuk dijual kembali kepada konsumen. "Lantaran kecenderungan pajaknya yang cukup mahal dan harga jualnya yang masih tinggi."

"Selain itu, mobi sedan memiliki segmen tersendiri, artinya hanya orang orang tertentu saja yang mau beli,” ujar Andri saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/8/2020). Meski demikian, Andri menambahkan sedan dengan kapasitas mesin di bawah 2.500 cc masih cukup mudah untuk dijual kembali. Pendapat serupa juga diungkapkan oleh Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih.

Menurutnya bukan hanya pedagang mobil bekas, konsumen yang ingin menjual juga mengalami kesulitan jika menawarkan sedan diatas 3.000 cc. “Sebab, pedagang ketika membeli harus di bawah harga pasar, dan ketika menjual lagi harus lebih mahal,” ujar Herjanto kepada Kompas.com. “Kalau dari kami menyebutnya seperti batu akik, untungnya juga harus besar jika menjual mobil seperti itu."

"Terkadang ada yang baru satu tahun dipajang baru laku terjual,” lanjutnya. Herjanto menambahkan, bukan hanya sedan tetapi Sport Utility Vehicle (SUV) mewah dengan kapasitas mesin besa juga sulit untuk dijual kembali. “Pasarnya ada, tetapi sangat kecil sekali."

"Selain harga mahal, pajaknya juga tinggi, itu yang bikin males konsumen beli,” ucap Herjanto. Segmen mobil sedan bekas tahun '90 an perlu juga dilirik bagi Anda yang sedang mencari kendaraan bekas jenis ini. Diakui oleh Yayat, penggawa dealer mobil bekas Mega Mobil di Gajah Mada, Jakarta, sedan bekas tahun '90 an masih jadi incaran.

Mesin Mitsubishi Galant 1998 menggunakan mesin 2.500 cc ECI SOHC Multi 24 valve yang bertenaga 163 dk dan torsi 223 Nm. Mesin ini menyalurkan tenaga ke roda depan lewat transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. "Masih ada yang mencari mobil bekas tahun '90 an, khususnya sedan."

"Harga sedan yang mahal saat ini disebakan pajak barang mewah, membuat sedan bekas jadi alternatif,” ujar Yayat, saat dihubungi GridOto.com, Rabu (5/8/2020). Yayat menambahkan, bodi kuat dan modelnya yang masih keren juga menjadi alasan konsumen masih mau membeli mobil sedan bekas. Saat disinggung sedan yang paling banyak dicari konsumen saat ini, Yayat mengatakan mobil mobil BMW, Mitsubishi Eterna, Toyota Corolla dan Honda Accord masih jadi idaman.

"Harga itu memang susah ya, karena tergantung dari kondisi mobil dan tahunnya. Tapi kalau kisaran itu sekitar Rp 40 45 juta," tambahnya. Dilansir dari JIP, berikut daftar harga mobil sedan bekas tahun '90 an yang berhasil kita dapatkan dari pedagang mobil bekas Jakarta : Jenis Tahun Harga Mitsubishi Galant 1998 Rp 46 juta BMW 1996 Rp 45 juta Toyota Corolla Great 1996 Rp 40 juta Honda Accord 1998 Rp 41 juta

Sebagian artikel ini sudah tayang di laman Kompas.com dengan judul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *