Resep Makanan Sapo Tahu yang Cocok buat Santap Sahur Ramadhan

Bahan utama dari masakan ini adalah egg tofu yang bertekstur lembut. Memasak sapo tahu kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit. Buah egg tofu, potong bulat, goreng berkulit

150 gram wortel, dipotong serong 150 gram dada ayam fillet, iris tipis Siung bawang putih, cincang kasar

1/2 buah bawang bombay, dipotong kotak Buah jamur hioko kering, direndam, dipotong potong 100 gram kapri manis, bersihkan

100 gram sawi putih, dipotong potong 100 gram keputren, dipotong serong 1/2 sendok makan kecap ikan

Sendok makan saus tiram 1/2 sendok makan kecap asin 1/4 sendok teh garam

1/4 sendok teh merica bubuk 1/2 sendok teh gula pasir Sendok teh minyak wijen

Sendok makan maizena larutkan dalam 1 sendok makan air Batang daun bawang, iris serong 500 ml air Sendok makan minyak untuk menumis

1. Panaskan minyak di wajan. 2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. 3. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan.

4. Aduk sampai berubah warna. 5. Tambahkan wortel dan jamur hioko. 6. Aduk hingga rata.

7. Kemudian tambahkan sawi, keputren, dan kapri. 8. Aduk sampai setengah layu. 9. Masukkan kecap ikan, saus tiram, kecap asin, garam, merica bubuk, dan gula pasir dan aduk secara merata.

10. Tuang air, kemudian aduk sampai mendidih. 11. Masukkan egg tofu yang sudah di potong dan aduk lagi hingga merata. 12. Kemudian beri campuran larutan maizena, dan tunggu hingga meletup letup.

13. Tambahkan sedikit minyak wijen dan daun bawang, dan aduk lagi hingga merata. 14. Kemudian jika sudah matang, sajikan sapo tahu keatas piring atau mangkuk untuk dihidangkan. Masakan sapo tahu didominasi oleh sayur sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Selain itu sayur memiliki vitamin dan manfaat yang bergizi dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa 1 bulan penuh. Dilansir dari , asupan nutrisi dari sayuran dapat mencukupi kebutuhan asupan yang diperlukan oleh tubuh, maka konsumsi sayur saat sahur itu baik dan menyehatkan. BerdasarkanBuku Tuntunan Ibadah Pada BulanRamadanyang diterbitkan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, puasa atau shiyam menurut bahasa artinya menahan diri dari sesuatu.

Niat puasa Ramadhan dibaca saat malam atau menjelang sahur. Dikutip dari ,berikut bacaan niat puasa Ramadhan: نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis sanati lillahi ta'aalaa." Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulanRamadantahun ini, karena Allah Ta'ala."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *