PT LIB Verifikasi Ulang Kelayakan Stadion Tim Kontestan Liga 1 Kompetisi Segera Dimulai

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, memastikan dalam waktu dekat kompetisi sepak bola Liga 1 akan segera bergulir lagi. Liga 1 direncanakan berlangsung selama lima bulan ke depan, terhitung dari 1 Oktober 2020 sampai 28 Februari 2021 mendatang. Saat ini, PSSI dan PT LIB terus mematangkan konsep serta regulasi yang akan diterapkan pada pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1.

Sebelum berlangsungnya kompetisi, PT LIB sudah bergerak lebih awal untuk mengecek kelayakan stadion yang dipilih oleh tim tim kontestan Liga 1. Dari 18 tim Liga 1, saat ini baru 14 tim yang sudah menentukan stadion yang akan digunakan sebagai kandang. Empat tim lainnya yakni Persita Tangerang, Barito Putera, Persipura Jayapura, dan Persebaya Surabaya masih belum menentukan homebase barunya.

Sebagian besar tim tim Liga 1 yang sudah menentukan markasnya yaitu berlokasi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Dua stadion yang ada di wilayah Yogyakarta dan sekiitarnya yakni Stadion Maguwoharjo, Sleman, dan Stadion Sultan Agung, Bantul, dipilih oleh enam tim sebagai markas barunya. PT LIB berencana melakukan verifikasi ulang terhadap stadion stadion yang dipilih oleh tim tim kontestan Liga 1.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan, verifikasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan stadion yang dipilih tim Liga 1 dalam menyelenggarakan pertandingan. “Ya pastinya ada peninjauan lagi kalau untuk stadion, karena bakal diverifikasi lagi layak tidaknya untuk menggelar kembali pertandingan,” kata Sudjarno kepada awak media. Pada awal musim Liga 1 2020, PT LIB memang sudah melakukan verifikasi kepada stadion yang dipilih oleh 18 klub Liga 1.

Proses verifikasi stadion akan terus dilakukan oleh PT LIB untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan pada pelaksanaan kompetisi Liga 1. “Pokoknya di mana homebase yang diajukan oleh tim tim Liga 1 nantinya bakal kami verifikasi dulu layak atau tidaknya. Apalagi di tengah pandemi harus ada beberapa hal yang lebih diperhatikan,” pungkasnya. Sebelumnya, PT LIB sudah melakukan verifikasi ke Stadin Maguwoharjo (Sleman), Stadion Sultan Agung (Bantul), dan Stadion Citarum (Semarang).

1. Bhayangkara FC (Stadion PTIK, Jakarta) 2. Persib Bandung (Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung) 3. PSIS Semarang (Stadion Citarum, Semarang)

4. PSS Sleman (Stadion Maguwoharjo, Sleman) 5. Persiraja Banda Aceh (Stadion Maguwoharjo, Sleman) 6. Borneo FC (Stadion Maguwoharjo, Sleman)

7. PSM Makassar (Stadion Maguwoharjo, Sleman) 8. Bali United (Stadion Sultan Agung, Bantul) 9. Persija Jakarta (Stadion Sultan Agung, Bantul)

10. Persela Lamongan (Stadion Surajaya, Lamongan) 11. Persik Kediri (Stadion Brawijaya, Kediri) 12. Arema FC (Stadion Kanjuruhan, Malang)

13. Madura United (Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan dan Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan) 14. PS TIRA (Stadion Mini Persikabo, Bogor dan Stadion Pakansari, Bogor) 15. Persita Tangerang (Belum menentukan)

16. Persebaya Surabaya (Belum menentukan) 17. Barito Putera (Belum menentukan) 18. Persipura Jayapura (Belum menentukan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *