Pramugari Beberkan Arti Suara Lonceng yang Sering Terdengar Saat Pesawat Take Off & Landing

Saat naik melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang, kita sering mendengar suara lonceng. Suara lonceng ini biasanya terdengar oleh penumpang setelah pesawat lepas landas dan mendarat saat penerbangan. Lonceng pertama yang kamu dengar setelah lepas landas adalah tanda yang dikirim oleh pilot kepada kru.

Bunyi lonceng tersebut memiliki arti bahwa roda pendaratan telah ditarik. Suara lonceng ini juga berarti bahwa bagian paling berbahaya dari penerbangan telah berakhir. Hal ini karena ketinggian 10.000 kaki pertama dan terakhir umumnya dianggap sebagai bagian paling berbahaya dari terbang.

Artinya, tidak hanya saat lepas landas, kamu juga akan sering mendengar bunyi lonceng lain saat pilot bersiap untuk mendarat. Meskipun ini berbeda beda di antara maskapai penerbangan, bunyi lonceng ini juga berarti pramugari dapat mulai mempersiapkan layanan minuman mereka juga. Bunyi lonceng tunggal berarti penumpang membutuhkan bantuan dari pramugari yang biasanya dibunyikan oleh penumpang sendiri atau pramugari.

Kemudian, ada yang menjadi perhatian pramugari ketika ada tiga atau bahkan empat lonceng yang terdengar berturut turut. Tiga lonceng atau lebih menunjukkan masalah yang lebih serius, seperti terdapat penumpang yang sangat sakit. Ketika penerbang membutuhkan lebih banyak makanan atau minuman, seorang anggota kru dapat memanggil bagian kru yang lain dan saat itulah bunyi lonceng terdengar dengan suara lebih kecil.

Selanjutnya, saat pesawat akan mengalami turbulensi yang kasar, tiga lonceng nada rendah dibunyikan yang artinya staf penerbangan harus kembali ke tempat duduk mereka. Namun, komunikasi antara kru menjadi lebih rahasia atau serius jika ada yang terlihat mencoba memasuki kokpit saat terbang. Seorang pramugari berkata: “Ada cara cara tertentu yang seharusnya dilakukan untuk berkomunikasi dengan kokpit selama penerbangan, terutama jika ada pramugari yang mencoba masuk atau pilot mencoba keluar.

Hal ini berarti penumpang cenderung tidak tahu kapan kru berkomunikasi secara diam diam dengan pilot, namun ada banyak kata sandi rahasia yang terkadang digunakan staf secara diam diam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *