Polisi Geledah Enam Rumah Milik Terduga Pembegal Kapal Yacht Pria Australia Dibegal di Indonesia

Kapal Yacht milik pria Australia dibegal di perairan Indonesia. Kini, polisi mengejar para pelaku begal. Rumah milik terduga pelaku pun tengah digeledah oleh polisi.

Kapal bule Australia yang dibegal di perairan perbatasan Jambi hingga terombang ambing selama beberapa hari, polisi lakukan ini Tadeusz Nowicki (70), mengalami pembegalan pada Minggu, 24 Mei 2020 seperti yang dikutip dari Kompas.com. Tadeusz Nowicki yang juga mantan atlet tenis profesional Polandia dibegal di perairan perbatasan Sumatera Selatan dengan Lampung.

Dirinya berangkat dari Australia menuju Jakarta. Saat dievakuasi setelah terombang ambing sekitar 3 hari, kondisinya cukup memprihatinkan. Sejumlah perlengkapannya di kapal dirampas.

Antara lain emergency positioning indicating record beacon (EPIRB), kartu ATM, radio komunikasi, kemudi, paspor, dan starter mesin. Uang sebesar 700 ribu dollar Singapura dan bahkan alat pengolah logistik seperti kompor juga raib. Hingga Tadeusz dievakuasi oleh Tim Polairud Polda Lampung, Basarnas, dan Polres Tulang Bawang.

Kapalnya ditarik menuju Jakarta pada hari ini, 6 Juni 2020. Tadeusz juga kemudian diberi bantuan logistik dan kompor. Dirinya juga menjalani tes protokol kesehatan Covid 19.

Paspor Tadeusz yang semula diduga dibawa gerombolan begal, juga sudah ditemukan. Selain itu, Tadeusz berhasil berkomunikasi dengan istrinya dan menerima transfer sejumlah uang. Sebanyak enamrumahdi Desa Sungai Sibur yang diduga kediaman para pelakubegalkapal yacht asalAustraliadigeledah polisi.

Rumahyang berada di Desa Sungai Sibur, Kecamatan Sungai Menang, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, itu dijadikan pelaku untuk menghindari kejaran petugas. Kepala Bidang Humas PoldaLampungKomisaris Besar (Kombes) Zahwani Pandra Arsyad (Pandra) mengatakan, penggerebekan dilakukan oleh aparat gabungan dari Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Sumatera Selatan dan Polda Lampung. Namun saat digerebek, kediaman para terduga pelaku dalam kondisi kosong.

“Aparat kepolisian masih menyelidiki dan melakukan pengejaran,” kata Pandra saat dihubungi, Sabtu (6/6/2020). Dikatakan Pandra, polisi mengamankan sejumlah barang bukti dari lokasi yakni dua mesin spedbooat, GPS, tape, televisi, dua aki dan mesin kapal. “Barang bukti itu didokumentasikan dan dipinjam pakai oleh korban, karena diperlukan agar kapal korban bisa berlayar,” kata Pandra.

Sejauh ini, kata dia, kondisi korban Tadeusz dalam keadaan sehat dan sudah diperiksa terkait protokol Covid 19 oleh Puskesmas Way Dente, Tulang Bawang. “Hasil rapid test yang bersangkutan adalah non reaktif,” kata Pandra. Diberitakan sebelumnya, kapal yacht milik warga negara Australia, Tadeusz Nowicki ditarik menuju Jakarta dari perairan Kuala Teladas, Tulang Bawang.

“Kapal milik Tadeusz Nowicki itu ditarik dengan cara digandeng oleh kapal nelayan KM Ralif Jaya,” kata Pandra. Mantan atlet tenis profesional Polandia itu mengalami pembegalan saat melintas di perairan perbatasan Sumatera Selatan dengan Lampung. Peristiwa itu berawal saat korban berlayar dari Australia menuju Jakarta pada 22 Mei 2020.

Warga Australia tersebut bermaksud menjual kapal yacht berukuran kecil itu di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *