Munculnya Bau Tak Sedap dari Sendawa 8 Hal Ini yang Bisa Menyebabkan

Setelah makan atau ketika tengah masuk angin, kita kerap kali bersendawa. Walau begitu, pada kondisi tertentu, sendawa yang keluar dari mulut kita ini biasanya disertai bau.

Sendawa yang dialami oleh seseorang ini sebenarnya merupakan hal normal dan biasa dialami. Berdasar data dari National Institutes of Health (NIH), secara rata-rata seseorang bakal bersendawa 13 hingga 21 kali sehari.

Namun, ketika sendawa yang keluar dari mulutmu memiliki bau tak sedap, maka hal ini bisa menimbulkan kebingungan.

“Hal ini dikenal dengan sendawa sulfur karena jenis gas, sulfida hidrogen yang dibuat di saluran pencernaan,” terang Nicket Sonpal, M.D., dilansir dari Prevention.

Pada sebagian besar kasus, sendawa biasanya disebabkan karena menelan terlalu banyak udara ketika kamu makan terlalu cepat, bernapas terlalu cepat, merokok, atau konsumsi minuman seperti soda. Hal ini juga bisa terjadi ketika konsumsi makanan tertentu yang menyebabkan bakteri di dalam perut melepaskan gas sebagai proses pencernaan yang normal.

Sejumlah hal lain juga bisa menyebabkan munculnya bau pada sendawa ini. Dilansir dari Prevention, berikut sejumlah hal yang menyebabkan munculnya bau tak sedap dari sendawa.

Konsumsi Makanan Tinggi Asam

Sendawa dengan bau telur busuk biasanya muncul ketika kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan asam di dalamnya. Makanan yang mengandung protein seperti daging, seafood, telur, dan olahan susu, sayuran tertentu, berbagai jenis bawang, makanan olahan, serta bir bisa menyebabkan hal ini. Usai mengonsumsi berbagai jenis makanan ini, bakal butuh sejumlah waktu sebelum sendawa bau yang kamu miliki jadi menghilang.

Konsumsi Terlalu Banyak Serat

Terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung serat bisa menjadi penyebab munculnya bau tak sedap pada sendawa. Kandungan serat yang tinggi pada sejumlah makanan bisa menyebabkan lebih banyak gas pada perut sehingga bau tak sedap ketika sendawa jadi tak terhindarkan.

Makan Malam Terlalu Banyak

Konsumsi makan malam yang banyak dan berat dengan kandungan mentega, minyak, serta lemak lainnya bisa menjadi penyebab bau tak sedap ketika bersendawa. Makanan tinggi lemak cenderung bertahan di perut lebih lama dan menyebabkan proses seperti fermentasi di dalam perut sehingga memproduksi gas dan bau tak sedap.

Intoleransi Makanan Tertentu

Ketika sendawa yang bau disertai dengan gejala masalah pencernaan seperti kembung, kram, diare, konstipasi, dan mual, hal ini berarti kamu memiliki intoleransi pada makanan. Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang intoleran terhadap gluten maupun laktosa.

Tanda Infeksi Perut

Munculnya bakteri di perut bisa menyebabkan terjadinya infeksi dan menimbulkan bau tak sedap pada sendawa. Hal ini biasa disertai juga dengan sakit perut dan selanjutnya bisa menjadi lebih parah jika tak segera diatasi.

Mikrobioma di Perut Tak Stabil

Berkembangnya bakteri di usus kecil bisa menimbulkan bau tak sedap pada sendawa serta gas. Bertumpuknya bakteri ini juga bisa menimbulkan sakit perut, kembung, kram, serta diare yang sangat berair.

Masalah Asam Lambung Kronis

Ketika sendawa berbau tak sedap ini disertai dengan heartburn beberapa kali, mungkin kamu mengalami GERD. Kondisi kesehatan ini menyebabkan perut menjadi penuh gas dan bisa naik ke kerongkongan sehingga muncul bau tak sedap ketika bersendawa.

Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti diare, konstipasi, kembung, atau sakit perut bisa jadi tanda masalah pencernaan lebih serius. Hal ini perlu diperiksa dengan lebih serius sebelum berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih berbahaya.

Ketika mengalami masalah kesehatan ini, kamu bisa melakukan perubahan pola makan untuk mencegah masalah. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi obat mag untuk mengatasi masalah ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *