Mengenang 5 Pertandingan Terbaik PSM Makassar di Liga 1 2018

Terdapat momen sengit di laga PSM Makassar pada musim 2018 lalu. Pertandingan itu, bertepatan dengan masuknya bulan suci Ramadan 1439 H (2018). Pada masa tersebut, Laskar Pinisi harus melawan barisan klub elit di Indonesia.

Dua diantaranya merupakan partai tandang, masing masing melawan PersibBandung dan Persipura Jayapura. Kemudian partai kandang yakni melawan Borneo FC, Madura United, dan Persebaya Surabaya. Seperti diketahui, pandemi Covid 19 (Virus Corona) memaksa Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dihentikan sementara oleh PSSI.

Pemberhentian mulai dilakukan sejak 14 Maret dan nasib dua kompetisi tanah air ini akan ditentukan pada 29 Mei mendatang. Imbas dari pemberhentian kompetisi tersebut memaksa publik tanah air tak bisa menikmati pertandingan klub klub Indonesia. Termasuk pertandingan sepak bola yang berlangsung di bulan Ramadan 1441 H (2020) ini.

"Kondisi ini memang tidak memungkinkan liga untuk berjalan. Karena ini masalah global," ujar CEO PT PSM, Munafri Arifuddin beberapa waktu lalu. Namun tidak ada salahnya jika kembali mengingat bagaimana pertandingan sengit PSM Makassar pada musim 2018 lalu. Yang mana laga tersebut terlaksana di bulan Ramadhan sebanyak lima pertandingan.

Pada 2018 lalu, bulan Ramadan jatuh pada 14 Mei sampai 16 Juni. Borneo FC menjadi lawan pertama Pasukan Ramang di Stadion Mattoanging, Makassar, 19 Mei 2018. Pada laga tersebut, kemenangan tipis mampu diraih tuan rumah dengan skor 1 0.

Pertandingan kedua kesebelasan sebenarnya berjalan sangat sengit. Pada babak pertama saja, baik PSM maupun Borneo sama sama memiliki banyak peluang tapi tak mampu dikompetisi menjadi gol. Hingga turun minum, kedua tim harus bermain dengan skor kaca mata.

Di babak kedua pun sama sengitnya lantaran sampai 90 menit waktu normal tak ada gol yang tercipta. Namun Guy Junior yang masuk menggantikan Zulham Zamrun di menit 70 sukses membawa keberuntungan. Itu terjadi pada menit 90+4 setelah ia melepaskan sepakan bola mati yang tak mampu dihalau kiper Pesut Etam, Nadeo Arga Winata.

Gol kemudian tercipta dan memaksa pertandingan selesai dengan skor 1 0 untuk kemenangan PSM. Pada laga kedua di bulan Ramadan 2018, PSM bertemu tim tangguh lainnya, PersibBandung. Pertandingan berlangsung di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 23 Mei 2018.

Hanya saja, Pasukan Ramang dibuat tak berdaya oleh Dedi Kusnandar dan kawan kawan. Sebab PSM harus puas dipukul dengan skor telak 3 0. Kekalahan telak atas PersibBandung menjadi momen yang kurang mengenakkan bagi Wiljan Pluim dan kawan kawan.

Namun mereka mampu bangkit di laga selanjutnya dengan melumpuhkan perlawanan Madura United. Itu terjadi di laga ketiga PSM di bulan Ramadan 2018 melawan Madura United yang berlangsung di Stadion Mattoanging, Makassar, 30 Mei 2018. PSM yang berstatus tuan rumah menang dengan skor meyakinkan 2 0 dihadapan publiknya sendiri.

Dua gol tersebut masing masing dihasilkan Guy Junior dan Rizky Pellu. Setelah meraih kemenangan dari Madura, giliran PSM menjadi tim berstatus tamu menghadapi Persipura Jayapura. Laga tersebut berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, Papua, 4 Juni 2018.

Secara mengejutkan, tim kebanggaan masyarakat Makassar, khususnya Sulsel ini mampu menahan imbang Mutiara Hitam dengan skor 1 1. Pada jalannya laga, di babak pertama skor berkhir kaca mata. Marcel Sacramento sebenarnya sukses menjebloskan gawa Rivky Mokodompit pada menit 77.

Namun sayangnya, wasit yang memimpin jalannya pertandingan menganulir lantaran dinilai lebih dulu officide. Tetapi 10 menit jelang berakhirnya pertandingan, gol yang sebelumnya dianulir dibayar kembali Sacramento. Sebab ia mampu membikin Persipura Jayapura unggul 1 0. Kemenangan pun berada di depan mata tim tuan rumah.

Sayang, stopper PSM Makassar, Abdul Rahman Sulaiman mampu menyamakan kedudukan melalui serangan balik dua menit sebelum laga berkhir. Skor kemudian imbang 1 1 untuk kedua kesebelasan. Kepercayaan diri anak asuh Robert Alberts kala itu tetap terjaga usai menahan imbang Persipura.

Sebab di laga selanjutnya melawan Persebaya Surabaya, mereka mampu menang 1 0. Laga tersebut berlangsung di Stadion Mattoanging, Makassar, 9 Mei 2018 lalu. Persebaya sebenarnya mampu bermain baik meski berstatus tim tamu.

Bajul Ijo bahkan sukses menahan imbang tuan rumah di babak pertama tanpa adanya gol tercipta. Namun di babak kedua, kebuntuan pecah di kubu tuan rumah lewat Rizky Pellu pada menit 72. Gol itu lahir lewat umpan terukur Rasyid Bakri yang disundul Pellu dan menghasilkan skor 1 0 untuk kemenangan PSM.

Dengan demikian, kelima laga PSM pada bulan Ramadan 2018 lalu itu menghasilkan tiga menang, satu imbang dan satu kalah. Total poin yang dikumpulkan yakni sebanyak 10 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *