Lebaran ala Tahanan KPK: Kunjungan Online hingga Santap Makanan dalam Boks Kiriman Keluarga

‎Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)memfasilitasi para tahanan untuk merayakan Idul Fitri 2020, Minggu (24/5/2020). Mengawali hari Lebaran, tahanan KPK bisa melaksanakan salat Id di masing masing rutandisertai protokol kesehatan, mengingat pandemi virus corona (Covid 19) belum berakhir. Diketahui tahanan KPK dititipkan di beberapa rutan, yakni rutan K4 atau gedung laman rutan di gedung merah putih, dan rutan cabang Pomdam Guntur, Jakarta Selatan.

Selanjutnya mereka merayakan Lebaran secara online bersama keluarga besar masing masing, pukul 08.00 13.00 WIB. Waktu kunjungan online ditentukan oleh pihak rutan. Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan setiap kunjungan online masing masing tahanan diberi durasi 30 menit melalui video conference maupun video call. Kunjungan online ini bukan hanya berlaku di hari pertama Lebaran, melainkan sejak awal Maret kunjungan tahanan secara online sudah diterapkan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona. ‎

"Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 1 dan 2 Syawal 1441 H, untuk menghindari penyebaran wabah maka pelayanan kunjungan masih menggunakan sistem kunjungan online," ucap Ali Fikri. Selain itu, keluarga tahanan juga diberi kesempatan untuk mengisi boks khusus makanan dimulai pukul 08.00 09.30 WIB. Pengiriman makanan menggunakan boks kecil khusus untuk tahanan dan tambahan satu boks besar untuk per rutan.

"Makan bersama oleh tahanan hanya dapat dilaksanakan pada 1 Syawal 1441 H. Untuk tanggal 2 Syawal 1441 H pengiriman boks baik makanan atau pakaian dilakukan seperti biasa. Tidak ada lagi tambahan boks besar" singkatnya. Makanan itu lebih dulu dilaporkan ke petugas KPK diperiksa kemudian dimasukkan dalam sebuah boks. Nantinya petugas KPK akan mendistribusikan masing masing box tersebut ke para tahanan.

Boks plastik kecil yang sudah siap diberikan ke para tahanan, disusun rapi, selanjutnya dibawa menggunakan troli kecil oleh dua petugas yang masuk ke dalam areal rutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *