Lari & Lompat Ambil Alih Kemudi Sopir yang Tak Kuat Injak Rem di Tanjakan Aksi Heroik Polisi

Wakil Kepala Polresta Tasikmalaya, Kompol Rikki Ariesetiawan melakukan aksi heroik yang menyelamatkan nyawa warga. Saat itu, Rikki tengah memantau arus kendaraan libur panjang Idul Adha di wilayah tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (2/8/2020) sore. Sebuah mobil Toyota Kijang tiba tiba dan membahayakan pengendara di belakangnya.

Sopir mobil tersebut ternyata kelelahan, karena terjebak macet yang terjadi akibat libur panjang. Rikki yang menyadari situasi berbahaya kemudian berlari dan melompat ke sisi pintu mobil pengendara. Setelah pintu mobil dibuka, Rikki langsung memegang kendali stir mobil.

Kebetulan pada saat itu Rikki saat itu sedang berdiri di pinggir jalan di dekat lokasi kejadian. Rikki dan anggota Polresta Tasikmalaya sedang memantau pengamanan arus lalu lintas di salah satu jalur rawan kecelakaan di Tasikmalaya tersebut. "Sopirnya kelelahan dan terlihat tak kuat menginjak rem mobilnya, sampai mundur di tanjakan Gentong. Saya spontan saja langsung ambil alih kemudi, kasihan," kata Rikki kepada wartawan di kantornya, Senin (3/8/2020).

Rikki pun berhasil memindahkan kendaraan ke pinggir jalan, supaya tidak menghalangi dan mengamankan rentetan kendaraan di belakangnya. Apalagi kejadian persis berada di dekat tikungan yang kondisi jalannya menanjak dan miring. "Saya melihat sangat bahaya kalau mundur, bisa mobilnya terjungkal atau menghantam kendaraan yang sedang macet di belakangnya. Alhamdulillah, bisa ke pinggir jalan dan penumpangnya selamat," kata Rikki.

Rikki dibantu oleh petugas Satuan Lalu Lintas Polresta lainnya dan masyarakat sekitar mengarahkan antrean kendaraan di jalur ekstrem tersebut. Menurut Rikki, langkah antisipasi tersebut merupakan bagian dari dedikasi dan loyalitas polisi terhadap masyarakat. "Mudah mudahan Allah senantiasa selalu memberikan kesehatan, kelancaran dan kebahagiaan di dalam setiap langkah tugas anggota kepolisian selama ini," kata dia.

Pada Senin siang, arus lalu lintas di kawasan jalur Gentong, Tasikmalaya, telah kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *