Jangan Kecil Hati Dekan FISIP UI Dr.Arie Setiabudi Soesilo Kuliah Daring Hanya Sementara M.Sc

Ribuan mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) tahun masuk 2020, sama seperti mahasiswa universitas lain, juga di banyak negara lainnya, akan tercatat dalam sejarah sebagai angkatan khusus yang diterima dan secara virtual. UI memastikan kegiatan perkuliahan semester awal dilakukan secara online (daring). Para mahasiswa tetap di rumah, belum berkegiatan kuliah di Kampus. Acara penerimaan resmi mahasiswa baru program Sarjana tahun 2020 FISIP UI dilakukan Jumat (11/9) lalu secara virtual. Acara dihadiri para Pimpinan Fakultas, Dewan Guru Besar, Senat Akademik Fakultas dan Pimpinan Departemen, termasuk Dekan Fakultas FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc.

Tahun ini, 584 mahasiswa baru program sarjana FISIP UI diterima di tujuh program studi yang ada di FISIP UI. Yakni, program studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Sosiologi, Kriminologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Antropologi, dan Ilmu Hubungan Internasional. Dekan FISIP UI ini mengaku sedih, para mahasiswa baru harus hadir secara virtual, tidak seperti biasanya tatap muka langsung di saat kondisi normal. Dr. Arie bercerita kepada para mahasiswa baru diperkenalkan kampus tempat kuliahnya melalui tayangan video. Meski perkenalan kampus secara virtual, namun diakuinya tidak menghilangkan semangat para mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia, sebagai keluarga baru, anggota civitas Akademika Universitas Indonesia, khususnya FISIP UI.

"Saat perkenalan kampus, kita tur seluruh gedung gedung FISIP UI melalui video "FISIP UI Campus Tour", termasuk memperkenalkan fasilitas lain kampus FISIP UI kepada para mahasiswa baru. Meski kondisinya tidak bisa hadir ke kampus, setidaknya mereka punya bayangan tentang kampusnya nanti," ujarnya. Dalam sambutanya di upacara penerimaan mahasiswa baru, khusus FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc membesarkan hati para mahasiswa yang baru. "Moga moga kondisi seperti ini hanya satu semester, selanjutkan dapat normal lagi berupa kuliah tatap muka dan berkegiatan lain di kampus. Saya membesarkan hati mereka, para mahasiwa baru," ungkapnya.

"Saat acara penerimaan mahasiswa baru kemarin, saya orasi di podium yang diletakkan di tengah taman kampus yang asri dan sepi sebenarnya saya terharu. Mengenalkan kepada mereka semua kehidupan kampus terkait perkuliahannya secara virtual melalui wide camera dan wide screen monitor berupa televisi 62 inch," kata dia. "Saya sengaja berapi api berorasi membangun semangat mereka untuk tidak berkecil hati. Tetap optimis dengan rencana studinya. Rasanya mereka menangkap maksud saya agar tetap semangat" ujarnya lagi. Gong tanda simbolik penerimaan mahasiswa baru kemudian dipukul sebanyak duapuluh kali, menandakan mahasiswa FISIP UI Program Sarjana tahun 2020 secara resmi diterima.

"Pukulan yang terakhir, yang keduapuluh, saya pukul keras sekali. Saya minta mahasiswa baru meski rumah, tetap mencoba merasakan kerasnya pukulan gong penanda besarnya semangat belajar, semangat menimba ilmu di FISIP UI," Dr. Arie menyemangati. Disaat Dekan melakukan pemukulan Gong, para mahasiswa baru dari rumah masing masing mengaktifkan virtual background berwarna orange (warna resmi FISIP UI) secara bersama sama. Kegiatan tidak berlangsung satu arah, terjalin dialog interaktif antara para mahasiswa baru dengan jajaran Pimpinan Lengkap Fakultas dan Ketua Organisasi Kemahasiswaan FISIP UI.

Beberapa mahasiswa baru peserta acara menyampaikan kesan positif mengenai penyambutan yang dilakukan oleh FISIP UI. "Ada yang mengatakan terharu, rasanya seperti disambut beneran tidak online,” ungkap Dr. Arie. Kamis (17/9/2020) mendatang, akan digelar acara serupa untuk menyambut para mahasiswa baru untuk Program Pascasarjana FISIP UI. Berkenalan seluruh mahasiswa baru pascasarjana melalui cara virtual. Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia sebelumnya menjelaskan, Universitas Indonesia (UI) menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai semester baru dimulai 14 September 2020 karena hingga saat ini masih pandemi Covid 19 yang belum berakhir.

UI telah menerapkan pembelajaran jarak jauh sejak awal pandemi Covid 19 melanda pada awal Maret 2020. Metode pembelajaran secara daring ditujukan utamanya untuk mata kuliah teori. "Sistem pembelajaran sekarang lebih simpel, tidak seperti saya dulu, lama sekali. Sekarang, mahasiswa bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu," Dekan FISIP UI menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *