Inilah 5 Kendaraan ‘Anti Hujan’ yang Bisa Muat 4 Orang Harga Setara Motor Bekas

Banderolnya setara harga motor bekas, berikut ini ada 5 pilihan kendaraan anti kehujanan muat 4 orang bahkan ada yang sudah pakai AC juga. Yang pertama ada kendaraan roda 4 Kancil yang pernah ramai di Indonesia. Kini sudah dijual bekasnya dengan pelat nomor hitam sehingga bisa dipakai untuk kendaraan pribadi.

Untuk mendapatkannya bisa berburu lewat market place. Dilansir dari Wikipedia, Kancil singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah. Menggunakan mesin 404 cc dengan power maksimal 13,5 HP/3.600 rpm dan torsi maksimum 28 Nm/2.500 rpm.

Enaknya kendaraan ini jadi cukup langka namun bekasnya dibenderol murah banget setara Honda BeAT. Seperti yang dijual oleh Ronny Nopirman di Market Place Facebook. Firman hanya kasih banderol Rp 17 juta lebih.

Harga Rp 17 juta mirip dengan Honda BeAT baru atau dapat Yamaha NMAX bekas keluaran 2018. Selanjutnya adalah mobil listrik Changli Nemeca buatan pabrikan Ghuangxou Xili Car Industry. Mobil listrik memang terkenal mahal karena memakai komponen yang berbeda jauh dari mobil biasa. Tapi tidak dengan mobil listrik buatan Tiongkok ini.

Pasalnya, Changli Nemeca hanya dibanderol 930 dolar AS atau sekitar Rp 13,6 jutaan (nilai kurs 30 Juli 2020). Meski dibuat di China, perusahaan menjualnya secara global. Mobil ini muat untuk membawa sampai 4 penumpang.

Lalu yang ketiga adalah motor roda 3 keluaran Selis yang kini dijual separo lebih murah dibanding kondisi barunya. Ketika baru dijual Rp 45 juta namu bekasnya hanya 19 20 juta. Harga segitu sama dengan Yamaha NMAX bekas keluaran tahun 2017.

Namun untuk mendapatkan unitnya harus rajin berburu di market place. Kalau dilihat dari bentuknya kendaraan roda 3 Selis ini secara model cukup menarik. Tidak seperti kendaraan roda 3 yang dipakai untuk mengangkut barang.

Selis roda 3 modelnya lebih menarik lampu depan lebar dan dilengkapi kabin. Jok depan seperti mobil namun hanya muat satu orang. Sedangkan jok belakang bisa muat 2 orang, kalau anak kecil sih bisa 3 orang muat.

Menurut pemiliknya kendaraan ini jenis listrik ini sekali charge bisa menempuh jarak dari Depok sampai Bogor. Sebagai sarana pendinginan tidak dilengkapi dengan AC tapi ada kipas angin yang terpasang. Kemudian ada Bajaj Maxima Cargo, yang pengendaranya gak kehujanan dan gak kepanasan karena ruang kemudi dilengkapi kabin atau ruangan layaknya mobil.

Bisa jadi pilihan untuk yang lagi berburu kendaraan karena mau buka usaha namun biaya operasional seperti motor Yamaha NMAX. Bak untuk membawa barang juga besar dan kalau mau muatan tidak kehujanan bisa pesan model box dari aluminium. Kendaraan angkutan ini didukung bak atau boks yang panjangnya 1,650 meter lebar 1,425 meter dan tinggi 2,75 meter.

Bajaj Maxima Cargo dijual oleh perusahaan yang sama versi roda 4 kendaraan pribadi dan angkutan umum ukuran mungil yaitu Bajaj Qute. "Cocok untuk buka usaha pengiriman paket ke komplek komplek juga untuk food truck dan lainnya," ucap sumber yang belum mau disebut namanya. Menurut sumber lagi, mesin Bajaj Cargo Maxima bisa irit karena didukung dua busi dalam satu silinder.

Pihak Bajaj menyebutnya teknologi DTS i (Dual Twin Spark ignition). Mesin kapasitas 236,2 cc menghasilkan maksimal maksimal 8 Kw (10.7 HP) @4.500 rpm dan torsi maksimal 20,1 Nm @ 3.000 rpm. Wajar jika konsumsi bensinnya mendekati Yamaha NMAX juga.

Didukung transmisi atau persneling 4 percepatan maju dan 1 mundur. Terakhir, masih menurut sumber harga yang ditawarkan Rp 40 jutaan. Lalu masih dari Bajaj, ada juga nih Bajaj Qute.

Bajaj Qute memiliki mesin 216 cc, muat mengangkut 4 orang penumpang dan juga dilengkapi dengan AC. Bajaj Qute dikatakan akan dijual dengan harga Rp 60 70 jutaan. Salah seorang dari pihak importir kasih tahu waktu pelucurannya 1 sampai 2 bulan lagi.

Katanya pengembangan dan persiapannya dilakukan dari Januari 2020 lalu. "Namun karena terhambat pandemi, waktu peluncuran atau launchingnya jadi mundur," jelasnya. Minat gak bro?

Artikel ini sudah tayang di laman Motorplus dengan judul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *