Ini Tips Puasa Sehat Tapi Hemat Saat Wabah Covid-19 Cocok buat Anak Kost

Anak kost yang hidup jauh dari orang tua harus bisa menghemat uang tapi tetap memastikan kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh saat sahur dan berbuka. Dr. Tan Shot Yen, M.hum membagikan tips supaya dengan uang yang minimal anak kost bisa mendapatkan makanan dengan gizi seimbang agar tetap sehat puasa di tengah pandemi virus corona (covid 19). Langkah pertama adalah kurangi belanja yang tidak penting dan membuat daftar makanan yang ingin dikonsumsi misalnya untuk tiha hari atau seminggu ke depan.

Ada banyak bahan makanan murah tapi kaya energi, seperti tempe, tahu, telur maupun ayam jadi gak harus daging merah seperti sapi. "Gak papa gak daging, yang penting bisa makan kan telur, tahu, tempe, dan bikin rencana makan, bukan tentang hari ini tapi ke depan jadi lebih terhitung pengeluarannya," kata dr. Tan saat live di instagram Kemenkes, Rabu (29/4/2020). Setelah membuat daftar, kemudian belanjakan bahan makanan sendiri, jangan membeli jadi agar biayanya bisa lebih murah.

Kemudian setelah bahan makanan tiba di kostan, jangan langsung masukan semua ke kulkas, tapi dipisah pisahkan dulu sesuai dengan hari yang ingin dimakan. Lalu simpan dalam box khusus dengan bumbu jadinya juga, sehingga tidak ada alasan gak mau masak karena bumbunya belum jadi atau sayurnya belum dipotong potong. "Kalau masukin kulkas nanti sudah gak inget, nanti ujung ujungnnya dibuah tempenya anyir lah karena kelamaan gak ditengok. Prinsipnya kelar belanjaan racik bumbunya, wortelnya diirus masukin ke kotak makanan, simpan ke kulkas," ungkap dr. Tan.

"Nanti pas mau makan tinggal masukin semua ke panci karena bahan bahannya sudah siap," pungkas dr. Tan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *