Festival PLN Peduli Dorong Pengembangan UMKM Berdaya Saing

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Festival PLN Peduli 2020 yang digelar secara daring 4 November 2020 hingga 9 November 2020. Pembukaan festival PLN Peduli dilakukan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diwakili oleh Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto dan Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini. Sekretaris Menteri BUMN, Susyanto menyampaikan bahwa kondisi pandemi Covid 19 yang saat ini terjadi telah memberikan dampak sangat serius bagi perekonomian negara, khususnya bagi UMKM.

“Kementerian BUMN sangat mendukung kegiatan Festival PLN Peduli ini, karena ini dapat mendorong berputarnya kembali kegitan usaha dari para pelaku UMKM,” ucap Susyanto dalam sambutannya, ditulis Kamis (5/11/2020) Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan, bahwa ajang ini adalah dukungan nyata perusahaan sebagai Badan Usaha Milik Negara terhadap UMKM terutama yang menjadi mitra binaan PLN. “Ini wujud nyata dukungan kami untuk menggerakan UMKM yang ada di Indonesia. PLN menyadari UMKM memiliki peran yang sangat strategis, baik bagi perekonomian daerah maupun nasional. Sektor UMKM yang tangguh dan berdaya saing diyakini mampu mensejahterakan masyarakat,” tutur Zulkifli.

Mengangkat tema Terangi Negeri untuk Pencapaian SDG’s, PLN mengajak 100 Mitra Binaan untuk menampilkan 1.000 lebih produk berkualitas dari seluruh Indonesia. PLN juga menggelar Webinar tentang CSR untuk mendukung Sustainable Development Goals yang disingkat SDG’s, serta pelatihan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan UMKM dalam mengelola usahanya agar mampu bersaing di pasaran. Selain itu, festival ini juga menjadi marketplace yang memberikan ruang bagi para pengunjung untuk bertransaksi secara langsung. Festival ini menampilkan lebih dari 1.000 produk UMKM berkualitas.

Festival PLN Peduli ini merupakan event tahunan Corporate Social Responsibility (CSR) PLN yang menggambarkan berbagai program kegiatan CSR PLN yang sejalan dengan 7 subjek ISO 26000 tentang Panduan Pelaksanaan CSR dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDG’s. Dalam kegiatan ini, UMKM Manggala Putri, binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) juga berpartisipasi. Digerakkan oleh kelompok ibu ibu rumah tangga di Desa Patra Manggala, Kabupaten Tangerang, usaha kuliner olahan bandeng yang memiliki cita rasa unik ini cukup menarik perhatian.

Pasalnya, tidak banyak yang tahu ikan bandeng dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan dapat disimpan hingga tiga bulan lamanya. “Produk kami memang tujuan utamanya mengangkat potensi daerah yang banyak tambak, tapi tidak punya produk olahan ikan,” jelas Sumiati, ketua UMKM Manggala Putri. Tak pelak, produk kelompoknya pun banyak diminati karena cita rasa yang unik dan bisa dinikmati semua orang.

“Ada Bandeng Cengcan diolah dengan tauco, Bandeng Karamel dimasak dengan daun mengkudu, Bandeng Presto, dan Sate Bandeng. Semua tanpa duri atau duri lunak, tanpa pengawet dan MSG, juga sudah mendapat sertifikat Halal MUI,” lanjut Sumiati. Pelaksanaan Program CSR sekarang ini telah bertransformasi, dari yang dulu bersifat charity menjadi program program yang memiliki manfaat berkelanjutan (sustainability) dan memberi nilai manfaat bagi perusahaan atau CSV (Corporate Social Value).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *