Daging Kambing Punya Sederet Manfaat Kesehatan Diyakini Rendah Lemak & Kolesterol

Daging kambing selama ini dikenal sebagai bahan makanan yang banyak disukai orang. Namun, perlu diketahui sesungguhnya daging kambing juga punyabanyak manfaat kesehatan. Melansir laman Live Strong, daging kambing ternyata memiliki kandungan lemak dan kolesterol rendah daripada daging sapi.

Dalam 100 gram daging kambing mengandung sekitar 109 kalori dan 20,6 gram protein. Sementara itu, kandungan lemaknya hanya mencapai dua gram saja. Daging kambing juga rendah kolesterol dan tidak mengandung karbohidrat. Nutrisi daging kambing Dibandingkan jenis daging merah lainnya, daging kambing mengandung lemak dan kolesterol yang lebih rendah.

Daging kambing juga mengandung zat besi bermanfaat dan potassium penstabil jantung dalam jumlah besar. Kadar natrium dalam daging kambing juga tergolong rendah sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan tekanan darah. Sayangnya, dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Food Protection 2015 membuktikan daging kambing mengandung sejumlah patogen berbahaya bagi kesehatan.

Itu sebabnya, diperlukan proses pengolahan yang tepat untuk meminimalisir risiko kesehatan saat mengonsumsi daging kambing. Dengan teknik pengolahan yang tepat daging kambing akan membrikan sejumlah manfaat kesehatan berikut: Daging kambing mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) atau asam lemak yang dikenal mampu mencegah kanker dan meminimalisir risiko peradangan.

Selain itu, kandungan selenium dan klorin dalam daging kambing juga membantu kita untuk meminimalisir risiko terkena penyakit kronis ini. Daging kambing mengandung zat anti inflamasi.Oleh karena itu, mengonsumsinya bisa menghambat peradangan di pembuluh darah dan menstabilkan detak jantung. Daging kambing kaya akan vitamin B yang membantu tubuh membakar lemak.

Selain itu, daging kambing juga rendah lemak jenuh dan tinggi protein sehingga cocok dikonsumsi saat diet. Mengonsumsi daging kambing membantu mencegah anemia, khususnya untuk ibu hamil dan wanita menstruasi. Daging kambing juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah bayi cacat lahir.

Kandungan vitamin B12 dalam daging kambing membantu meredakan stres dan depresi. Daging kambing juga tinggi asam lemak Omega 3 namun rendah kalium dan natrium. Itu sebabnya, mengonsumsi daging kambing membantu mencegah penyakit ginjal dan stroke. 7. Menjaga kesehatan tulang Daging kambing mengandung kadar kalsium yang tinggi yang membantu mendukung pertumbuhan tulang.

Meski demikian, mitos mengenai daging kambing sebagai penyebab kolesterol dan tekanan darah memang ada benarnya juga. Namun, hal itu hanya terjadi jika dikonsumsi berlebihan. Tak masalah jika kita mengonsumsi daging kambing karena manfaatnya yang tingi. Tapi, kita harus mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar agar efek samping tersebut tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *