Cara Simpan Ayam Ungkep Yang Pas Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Menu ayam goreng termasuk makanan enak dan mudah dibuat untuk sahur maupun berbuka, karena tinggal menggoreng ayam yang telah diungkep atau dibumbui kuning terlebih dulu. Ayam yang diungkep ini diolah dengan cara merebus ayam dengan bumbu halus dari bumbu bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe, garam merica yang telah hingga ayam empuk. Dari segi nutrisi, ayam termasuk bahan pangan yang kaya protein yang bisa menambah energi saat kurang lebih selama 14 jam berpuasa.

Sedangkan untuk bumbu kuningnya Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Cindiawaty Pudjiadji, MARS, MS, SpG menyebutkan mengandung antioksidan yang berasal dari bumbu bumbu dapurnya. "Ayam ungkep bagus banget memakai bahan khas Indonesia, bumbu bumbu masak yang mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuh," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Cindiawaty Pudjiadji, MARS, MS, SpG, saat webinar Jumat (1/5/2020). Anti okisidan ini berfungsi untuk melindungi sel sel tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Agar kandungan baik tersebut tetap terjaga dr. Cindiawaty menyarankan agar ayam yang sudah diungkep disimpannya langsung dipisah pisah per wadah. Jadi saat ingin makan ayam goreng tidak perlu megeluarkan semua ayamnya dari freezer untuk mengindari ayam ungkep terpapar radikal bebas di luar kulkas. "Jadi ayam ungkep akan lebih awet wadahnya ditutup rapat langsung ditaruh di freezer mau makan turunin ke kulkas bagian bawah, baru dimasak, tahan lama dan lebih bersih," pungkas dr. Cindiawaty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *