Cara Klaim Token Listrik Gratis via Whatsapp dan Website, Sudah 10,7 Juta Pelanggan Berhasil

Pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk penanganan dampak wabah virus corona (Covid 19). Di antaranya kompensasi pembayaran tagihan listrik selama tiga bulan, yaitu pada April, Mei, dan Juni 2020. Kompensasi tersebut berupa potongan hingga gratis pembayaran listrik pascabayar dan pembelian token listrik prabayar.

Dikutip dari akun resmi Perusahaan Listrik Negara (PLN), @pln_id, jumlah pelanggan yang berhak mendapatkan keringanan ada 24 juta pelanggan. Meliputi pelanggan daya 450 VA yang berhak mendapatkan listrik gratis dan 7 juta pelanggan daya 900 VA bersubsidi didiskon sebesar 50 persen. Khusus 11 juta pelanggan prabayar akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama tiga bulan terakhir.

Pelanggan daya 450 VA tidak akan dipungut tagihansepeser pun atau gratis, sedangkan pelanggan daya 900 VA didiskon 50 persen untuk mendapatkan token listrik. Hingga Senin (6/4/2020) pukul 15.00 WIB, PLN mencatat 10,7 juta token listrik pelanggan telah terinput. Adapun untuk mendapatkan diskon atau gratis token listrik prabayar ada dua cara, yakni melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp dan laman resmi PLN, www.pln.co.id.

1. Buka aplikasi WhatsApp. 2. Chat WhatsApp ke 08122 123 123, ikuti petunjuk, di antaranya memasukkan ID pelanggan. 3. Token gratis akan muncul.

4. Masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan. 1. Buka laman www.pln.co.id atau PLN online, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid 19. 2. Masukkan ID pelanggan/nomor meter. Kemudian, token listrik gratis PLN akan ditampilkan di layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis PLN tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan. Lebih lanjut, syarat untuk mendapatkan keringanan ini adalah mereka yang berlangganan listrik bersubsidi. Pelanggan listrik yang berkode R1M/900VA dan R1MT/900VA tidak mendapatkan kompensasi tagihan listrik.

Wakil Direktur PLN, Darmawan Prasodjo sempat mengungkapkan, keterangan 'M' dalam kode tersebut berarti 'Mampu'. Adapun pelanggan yang mendapat token listrik gratis atau diskon hanya pelanggan yang memiliki kode berikut: 1. R1/450 VA (gratis)

2. R1T/450 VA (gratis) 3. R1/900 VA (diskon) 4. R1T/900 VA (diskon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *