Berikut Rekam Jejaknya di TNI Marsdya Fadjar Prasetyo Akan Dilantik Jokowi Jadi KSAU Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan melantik Marsekal Madya TNI Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) hari ini, Rabu (20/5/2020). Marsekal Madya TNI Fadjar Prasetyo akan menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang memasuki masa pensiun. Pelantikan Fadjar Prasetyo sebagai KSAU akan berbarengan dengan pelantikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

Yudo Margono akan menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang memasuki masa pensiun. Kabar pelantikan dua petinggi TNI tersebut dikonfirmasi Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Selasa (19/5/2020) malam. "Iya betul besok akan dilantik," ujar Heru Budi Hartono kepada wartawan.

Pelantikan akan digelar di istana negara pukul 09.00 WIB. Dilansir oleh tni au.mil.id, Fadjar Prasetyo pernah menjabat beberapa jabatan penting di dunia militer. Fadjar Prasetyo sebelumya pernah menjabat sebagai Direktur Pendidikdan dan Latihan (Dirdiklat) Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara.

Ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Lanud (Danlanud) Halim Perdanakusuma. Kala itu Fadjar Prasetyo menggantikan Marsma TNI Sri Mulyo Handoko. Fadjar Prasetyo menjadi Danlanud di tahun 2016 lalu.

Jabatannya sebagai Danlanud berakhir setelah dua tahun menjabat yakni pada 2018. Dikutip dari tni au.mil.id, Fadjar Prasetyo juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Operasi TNI AU I (Pangkoopsau I). Kemudian Fadjar Prasetyo menyerahkan jabatan tersebut kepada Marsma TNI M Khairil Lubis pada 7 Oktober 2019.

Saat menjabat sebagai Pangkoopsau I, banyak prestasi yang diraih Fadjar Prasetyo. Ia pernah terlibat dalam berbagai operasi, di antaranya: Lintas Rajawali

Tangkal Rajawali Kawal Rajawali Sayap Rajawali

Lintas Udhaya Latihan Jalak Sakti Di mana semua operasi dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Selama mengemban amanah, Fadjar Prasetyo juga berpredikat zero accident. Tak sampai di situ, Fadjar Prasetyo juga aktif membawa Koopsau I membantu pemerintah dalam berbagai bidang sosial serta kemanusiaan. Seperti operasi TMC, menangani kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

Hingga penanggulangan bencana seperti gempa bumi di Palu, dan evakuasi korban unjuk rasa di Wamena, Papua. Selain itu, Fadjar Prasetyo juga ikut menyukseskan program Pembinaan Potensi Dirgantara atau Binpotdirga. Fadjar Prasetyo kala itu mengadakan program karya bakti.

Baik dalam bentuk bedah rumah, renovasi tempat ibadah, operasi mata katarak, dan pengobatan gratis lainnya. Dalam program itu juga memberikan paket sembako pada sejumlah masyarakat yang membutuhkan. Fadjar Prasetyo menjabat sebagai Pangkoopsau I sejak tahun 2018 hingga 2019.

Kemudian ia menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II). Organisasi TNI tersebut baru diresmikan oleh Marsekal TNI Dr (H.C) Hadi Tjahjanto di tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *