Benarkah Berhenti Mengkonsumsi Gula bisa menurunkan berat badan

Sejumlah makanan sudah menjadi musuh bagi banyak orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun, salah satu makanan yang selama ini menjadi musuh untuk menurunkan berat badan adalah gula.

Hubungan antara gula dengan susahnya menurunkan berat badan adalah sebuah hal yang dipercayai banyak orang. Oleh karena itu, banyak orang yang menghindari konsumsi gula pada sejumlah makanan dan minuman mereka.

Namun benarkah hubungan antara gula dengan menurunkan berat badan benar-benar ada? Atau semua ini sebenarnya hanya sejumlah mitos?

Dilansir dari Times of India, sesendok teh gula hanya mengandung 16 kalori namun pada makanan dan minuman lainnya yang kita konsumsi sehari-hari, kandungan gulanya lebih tinggi. Bahan sedikit kandungan gula pada buah, biskuit, sayur, pasta, dan sejumlah makanan lain bisa meningkatkan jumlah kalori harianmu.

Untuk menurunkan berat badan, kita perlu membakar lebih banyak kalori. Hal ini tentu saja sulit dilakukan jika konsumsi gula kita sehari-hari masih tinggi.

Dengan menghindari konsumsi gula, kita akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, sejak awal, asupan kalori yang masuk ke tubuh kita sudah berkurang dan menjadi lebih mudah dibakar.

Bahaya Konsumsi Gula Berlebih

Konsumsi gula berlebihan bisa berujung obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peradangan kronis, serta masalah gigi dan gusi. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi kopi bisa menurunka risiko sejumlah masalah kesehatan.

Menghindari Konsumsi Gula Berlebih

Sangat mudah untuk menghindari konsumsi gula berlebih dari kopi dan teh. Namun, dari makanan dan minuman lainnya, hal ini mungkin tidak terlihat. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca label makanan secara lebih hati-hati.

Beberapa makanan yang memiliki gula tambahan cukup tinggi adalah pada dressing salad, saos tomat, makanan olahan, saus, dan minuman bersoda. Pastikan memilih makanan dan minuman dengan kandungan gula paling rendah untuk membantumu lebih mudah menurunkan berat badan dan menstabilkan tingkat gula darah.

Perlu diperhatikan bahwa kamu tidak perlu menghindari seluruh gula karena tak semuanya buruk bagi tubuh. Jenis gula yang perlu kamu hindari adalah gula tambahan, gula meja, sera sirup jagung tinggi fruktosa.

Konsumsi gula dari sayur dan buah merupakan hal yang disarankan untuk dilakukan. Hal ini malah bisa memberi manfaat baik bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *