Air Mawar Ternyata banyak Manfaatnya Untuk Kecantikan Kulit Wajah, Berikut 6 Manfaat nya

Bunga mawar pada dasarnya memiliki aroma yang harum dan mewah. Tidak mengherankan jika bunga mawar sering digunakan sebagai pewangi dan campuran bahan pada produk-produk kecantikan. Selain wangi, bunga mawar ternyata juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan kulit wajah.

Air mawar telah digunakan selama ribuan tahun sebagai salah satu ramuan tradisional produk kecantikan dengan cara penyulingan dari kelopaknya. Penyulingan kelopak bunga mawar nantinya akan menghasilkan cairan aromatik dan minyak esensial.

Air mawar diketahui memiliki kandungan bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat karena efek relaksasinya untuk kulit. Air mawar juga bersifat anti inflamasi, sehingga baik untuk meredakan peradangan pada kulit. Air mawar mengandung vitamin A, C, dan E yang baik untuk kulit wajah dan dapat membantu melawan proses penuaan kulit.

Berikut ini adalah 6 manfaat air mawar untuk kecantikan kulit wajah yang harus Anda ketahui.

1. Toner Wajah Alami

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit wajah yang pertama adalah sebagai toner alami. Toner air mawar belakangan ini sedang populer dalam dunia perawatan wajah. Toner air mawar dipercaya dapat membuat wajah menjadi lebih cerah dan menyegarkan kulit.

Caranya, cukup semprotkan air mawar secara langsung ke wajah Anda, atau bisa juga dengan menuangnya ke kapas terlebih dahulu. Tepuk-tepuk secara perlahan wajah yang telah dibasahi oleh toner air mawar. Lakukan ini secara rutin setiap habis mandi dan sebelum menggunakan makeup.

2. Mencerahkan Wajah

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit wajah yang kedua adalah untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang tampak kusam.

Kandungan vitamin A dan E pada air mawar sangat bermanfaat untuk membantu proses eksfoliasi kulit wajah.

Sifat antioksidan pada air mawar juga membantu memperkuat sel-sel kulit dan meregenarasi jaringan kulit.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit wajah yang ketiga adalah untuk membantu mencegah proses penuaan dini atau anti-aging. Air mawar memiliki formula yang disebut rose hip seeds yang kaya akan kandungan vitamin C dan bermanfaat sebagai antioksidan.

Minyak esensial yang berasal dari penyulingan kelopak mawar juga memiliki sifat anti bakteri, yang dipercaya dapat mencegah penuaan kulit. Selain itu, kulit juga akan terlindungi dari kekeringan dan kekusaman.

Penggunaan minyak esensial mawar dapat mencegah kemunculan bintik-bintik hitam dan memijat wajah secara perlahan dengan minyak esensial mawar juga dapat mencegah kemunculan kerutan dan garis-garis halus.

4. Mengurangi Jerawat

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit wajah yang keempat adalah membantu mengurangi kemunculan jerawat membandel pada wajah. Produk kecantikan yang banyak beredar di pasaran biasanya memiliki kadar pH (basa) yang tinggi.

Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti jerawat, kerutan halus, dan psoriasis. Air mawar diketahui memiliki kadar pH yang sedikit asam, yang dipercaya mampu mengembalikan keseimbangan kadar pH pada kulit.

Selain itu, air mawar juga memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang bermanfaat untuk menangani masalah bakteri penyebab jerawat. Anda dapat menggunakan air mawar sebagai pembersih wajah. Gunakan secara rutin selama 3 sampai 4 minggu, dan lihat hasilnya.

5. Mengatasi Mata yang Lelah

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit wajah yang kelima adalah untuk membantu mengatasi kondisi mata yang kelelahan. Caranya, tuangkan beberapa tetes air mawar pada kapas lalu gunakan untuk mengompres mata Anda. Diamkan selama sekitar 15 sampai 20 menit. Gunakan secara rutin dan lihat hasilnya.

Selain untuk mengobati mata lelah, air mawar juga dapat membantu melembapkan bagian bawah mata yang kering. Nutrisi dalam minyak dan air mawar dapat memberikan hidrasi yang cukup pada bagian kulit paling sensitif tersebut.

Caranya sama, kompres bagian bawah mata dengan air mawar atau oleskan minyak esensial bunga mawar ke bagian bawah mata yang kering.

6. Meredakan Peradangan Kulit Wajah

Manfaat air mawar untuk kecantikan kulit wajah yang keenam adalah untuk membantu meredakan peradangan atau kemerahan pada kulit wajah. Air mawar diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi radang dan kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Air bunga mawar ini dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit dan membersihkan kotoran pada pori-pori yang nantinya menjadi penyebab komedo. Air mawar dapat menjaga kulit agar tetap terasa nyaman. Caranya, gunakan beberapa tetes minyak esensial mawar dan oleskan secara merata pada bagian yang sedang radang atau iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *