5 Syarat Masker Kain yang efektif untuk Menangkal Virus

Menggunakan masker sudah menjadi salah satu syarat wajib di tengah pandemi virus Corona ini. Seperti yang dianjurkan pemerintah, masker kain pilihan tepat untuk mencegah virus di sekitar kita. Kini ada banyak yang jual masker kain dengan berbagai model. Namun sebelum itu penting bagi Anda tahu 5 syarat masker kain yang efektif untuk menangkal virus ini.

  1. Menutupi Bagian Tepi Wajah dengan Sempurna

Syarat masker kain yang efektif untuk menangkal virus yang pertama adalah mampu menutupi seluruh bagian tepi wajah dengan sempurna. Pastikan masker kain yang Anda pilih memiliki kain yang cukup lebar sehingga mampu menutupi bagian pangkal hidung hingga sebagian besar pipi dengan sempurna.

Anda bisa memilih masker kain dengan model yang sama persis dengan masker bedah sekali pakai. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih masker kain dengan bentuk yang cenderung bulat seperti masker N95. Model masker yang seperti ini mampu menutupi bagian pangkal hidung hingga sebagian besar pipi dengan sempurna.

  1. Dilengkapi Tali Pengikat atau Karet

Syarat kedua masker kain yang efektif untuk menangkal virus adalah dilengkapi dengan tali pengikat atau karet. Tali atau karet ini berfungsi untuk mengaitkan masker ke bagian telinga agar dapat menjaga posisinya agar tetap berada pada posisinya saat digunakan beraktivitas.

Meski demikian Anda juga perlu memperhatikan bagian tali pengikat atau karet pada masker tersebut. Pastikan jangan memilih tali pengikat atau karet masker yang terlalu kencang ataupun terlalu longgar. Tali yang kencang akan membuat Anda tidak nyaman saat menggunakannya. Sedangkan tali yang longgar berpotensi membuat Anda lebih banyak menyentuh wajah.

  1. Terdiri dari Beberapa Lapis Kain

Umumnya kain memiliki ketebalan dan struktur kerapatan yang berbeda-beda. Untuk itu ada baiknya Anda menggunakan masker yang terdiri dari beberapa lapis kain. Masker seperti ini lebih aman untuk menahan percikan ludah. Kain katun merupakan salah satu rekomendasi jenis kain terbaik untuk membuat masker kain.

  1. Tidak Menghalangi Jalan Pernapasan

Meski demikian perlu untuk diingat, masker kain yang terlalu tebal juga tidak baik. Mengapa? Sebab hal ini hanya akan menghalangi jalan napas dan membuat tidak nyaman saat digunakan. Jadi sebelum beli, ada baiknya coba masker terlebih dahulu. Pastikan Anda masih tetap bisa bernapas namun masker dapat menutup bagian mulut dan hidung dengan sempurna.

  1. Jika Dicuci Tidak Berubah Bentuk

Ternyata ada beberapa jenis masker kain yang mengalami perubahan bentuk saat dicuci dengan mesin cuci. Misalnya kain menjadi longgar karena pusaran mesin. Begitu pula sebaliknya kain juga bisa menciut saat proses pengeringan. Untuk itu pastikan Anda memilih masker yang tidak berubah bentuk saat dicuci.

Itu dia beberapa syarat masker kain yang efektif untuk menangkal virus. Jadi sebelum membeli masker kain pastikan Anda mempertimbangkan beberapa hal di atas ya. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan masker fullprint dengan desain yang menarik hanya di custom.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *