5 Kilometer Presiden Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Pekanbaru Dumai, Sumatera secara virtual di Istana Kepresidenan, Bogor, Jumat, (25/9/2020). Jalan tol ini merupakan bagian dari ruas tol trans Sumatera. Dalam sambutannya presiden mengatakan, jalan tol Pekanbaru Dumai sepanjang 131,5 kilometer dibangun dengan biaya Rp 12,18 triliun. Jalan tol tersebut dibangun untuk mendukung kegiatan produktif masyarakat Riau khususnya dan Sumatera.

"Alhamdulillah pembangunan jalan tol Pekanbaru Dumai sepanjang 131,5 Km dengan biaya Rp 12,18 triliun telah rampung dan selesai dapat dioperasikan secara penuh dan sudah bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan produktif, baik untuk masyarakat Riau, maupun untuk masyarakat yang melintasi pulau Sumatera," kata Presiden. Jalan tol tersebut merupakan bagian dari ruas tol trans Sumatera yang membentang dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2878 KM. Menurut Presiden jalan tol tersebut akan meningkatkan konektifitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai yang merupakan kota pelabuhan dengan industri perminyakan, agribisnis, dan perkebunan.

"Jalan tol ini juga memperpendek jarak tempuh kota Pekanbaru Dumai, dari sebelumnya 200 km jika lewat jalan nasional menjadi hanya 131 KM jika ditempuh melalui jalan tol ini," katanya. Usai memberikan sambutan Presiden kemudian menandatangani prasasti sebagai tanda mulai dioperasikannnya Jalan Tol Pekanbaru Dumai. "Pada kesempatan berbahagia ini dan dengan mengucap bismillahirahman ni rahim saya resmikan jalan tol Pekanbaru Dumai hari ini," pungkas Presiden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *