27 Mei 2020 Pukul 16.18 WIB Cara Cek Arah Kiblat saat Matahari di Atas Ka’bah

Berikut ini cara cek arah kiblat saat matahari berada tepat di atas Ka'bah. BMKG mengungkapkan bahwa matahari melintas tepat di atas Ka'bah pada 27 dan 28 Mei 2020. Posisi matahari tepat di atas Ka'bah dalam waktu Indonesia terjadi pada pukul 16.18 WIB.

Pengecekan ini juga hanya berlaku untuk Indonesia bagian barat dan Indonesia tengah bagian barat. Berikut ini cara cek arah kiblat secara sederhana: 1. Cari tempat terbuka dan berpermukaan datar.

2. Siapkan tongkat yang lurus 3. Tancapkan tongkat tersebut tegak secara tegak lurus 4. Jika tidak ada tongkat yang bisa ditancapkan secara tegak lurus, bisa gunakan tali yang diberi bandul

5. Ikat di tempat yang lebih tinggi. 6. Pastikan seluruh tali terkena sinar matahari "Kalibrasinya jam 16.18 WIB atau bisa mundur satu dua menit dari waktu itu," imbuhnya.

Jika pada hari ini dan besok cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan pengecekan, maka umat Muslim bisa melakukan pengecekan pada bulan Juli 2020 mendatang. "Bila bulan ini karena cuaca yang tidak memungkinkan, tidak ada sinar matahari yang dipakai untuk menentukan arah kiblat, kita masih ada kesempatan nanti di bulan Juli, tepatnya tanggal 15 dan 16 Juli 2020," ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *